Berpotensi Longsor Susulan, Jalur Medan – Berastagi Ditutup Sementara

Petugas masih melakukan pembersihan jalan

Deliserdang, IDN Times – Jalur Medan – Berastagi ditutup, Rabu (27/10/2021). Penutupan dilakukan di kawasan Jalan Jamin Ginting KM 36, tepatna di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

Penutupan jalur dilakukan karena di titik itu, masih berpotensi longsor susulan. Lantaran, batu-batu besar dan pohon masih menggantung dan berpotensi untuk jatuh.

1. Petugas gabungan masih melakukan pembersihan

Berpotensi Longsor Susulan, Jalur Medan – Berastagi Ditutup SementaraPetugas membersihkan material longsor di Jalan lintas Medan - Berastagi, tikungan PDAM Tirtanadi, Deliserdang, Rabu (27/10/2021). (Istimewa)

Saat ini, petugas masih melakukan upaya pembersihan di titik longsor. Sejumlah alat berat, diturunkan untuk membersihkan material. Satu pohon besar yang sebelumnya menggantung di atas bebatuan tebing sudah ditebang.

"Tepat pukul 09.00 wib tim mulai pekerjaan, tepat pukul 10.00 wib pohon tumbang. Hanya dua kali sinsho karena bagian dalam sudah busuk. Pohonnya cukup besar sehingga sangat rawan jika terjadi hujan," ucap Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar.

Baca Juga: Imbas Oknum Lecehkan Istri Tersangka, Kapolsek Kutalimbaru Dicopot

2. Penutupan jalur dilakukan hingga pembersihan rampung

Berpotensi Longsor Susulan, Jalur Medan – Berastagi Ditutup SementaraPetugas membersihkan material longsor di Jalan lintas Medan - Berastagi, tikungan PDAM Tirtanadi, Deliserdang, Rabu (27/10/2021). (Istimewa)

Jalur Medan – Berastagi ditutup sejak pukul 09.00 WIB. Penutupan akan dilakukan hingga pembersihan selesai. Sehingga potensi longsor susulan bisa diminimalisir.

"Arus saat ini kita lakukan penutupan, dari dua arah Medan - Brastagi dan Brastagi - Medan. Ini sekarang kita berkumpul dari BJM, BPBD, Dishub, Kapolsek dan Koramil merembukkan proses batu yang masih menggantung di atas. Teknisnya masih dibicarakan," ujarnya.

3. Ada tiga pohon lagi yang akan ditumbang

Berpotensi Longsor Susulan, Jalur Medan – Berastagi Ditutup SementaraWarga berusaha mengevakuasi korban longsor yang selamat di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (23/10/2021) malam. (ANTARA Foto/Fransisco Carolio)

Kata Sonny, masih ada tiga pohon besar yang berpotensi untuk tumbang jika terjadi longsor. Pihaknya akan melakukan penumbangan.

Batuan besar yang berpotensi jatuh juga rencananya akan dibongkar.

Sebelumnya, lima orang menjadi korban, saat longsor terjadi di kawasan itu. Tiga orang meninggal dunia. Sementara dua lainnya mengalami luka.

Baca Juga: Kasat Reskrim Sergai yang Diduga Selingkuh dengan Polwan Dicopot

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya