9.500 Narkoba Pil Yaba Gagal Edar di Medan, 5 Orang Ditangkap

Pil Yaba adalah narkoba jenis baru

Medan, IDN Times – Jenis narkoba terus mengalami perkembangan setiap harinya. Yang terbaru, ada Pil Yaba. Peredarannya mulai masif di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah kasus peredaran pil Yaba diungkap.

Terbaru, polisi menangkap lima orang yang diduga sindikat peredaran pil Yaba. Dari para pelaku, ada 9.500 pil Yaba yang disita. Mereka hendak mengedarkannya di Kota Medan. Pelaku yang ditangkap antara lain, AG, MAR, YUS, NA dan MA.

"Sabu dalam bentuk pil, populer dikenal pil Yaba. Di Jakarta sudah ada, Sumut baru ini yang pertama kita ungkap,” ujar Kapolrestabes Medan Kombes Valentino Alfa Tatareda, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: BBM Naik, Pria di Langkat Nekat Timbun Ratusan Liter BBM Bersubsidi

1. Bermula dari kurir yang antar pil Yaba ke polisi

9.500 Narkoba Pil Yaba Gagal Edar di Medan, 5 Orang Ditangkapilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Valentino menjelaskan, pengungkapan ini bermula dari peneyelidikan yang dilakukan oleh petugas terkait informasi peredaran pil Yaba. Petugas kemudian melakukan penyamaran dan memesan 100 butir pil Yaba dari tersangka AG.

AG dan petugas yang menyamar kemudian bertemu. AG pun diringkus. Petugas kemudian menginterogasi AG. Pil Yaba itu diakui AG didapat dari rekannya MAR dan YUS.

2. Pelaku lain ditangkap saat hendak mengantar pil pesanan orang

9.500 Narkoba Pil Yaba Gagal Edar di Medan, 5 Orang Ditangkapilustrasi borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Polisi kemudian memburu MAR dan YUS. Mereka ditangkap di kawasan Jalan Setia Budi, Kota Medan saat hendak  mengirimkan barang kepada orang lain.

Polisi menggeledah mobil Toyota Avanza plat BL 1442 PV yang mereka kendarai. Dari dalam mobil, polisi menemukan 9.400 pil Yaba.

Dari hasil interogasi, MAR dan YUS ternyata ditugaskan mengantar pil Yaba itu dari kawasan Samalanga, Bireun. Mereka mengantar pil itu bersama dua teman lainnya yang tengah menunggu di Hotel Bougenville, Jalan Setia Budi, Kota Medan. Polisi kemudian menangkap NA dan MH di dalam hotel. Saat ini mereka masih menjalani pemeriksaan di Mapolrestabes Medan.

3. Diduga terlibat jaringan internasional

9.500 Narkoba Pil Yaba Gagal Edar di Medan, 5 Orang DitangkapIlustrasi napi di penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Valentino menjelaskan, lima tersangka yang ditangkap diduga terlibat jaringan peredaran narkoba internasional. Pihaknya terus melakukan pengembangan.

"Ini jaringan Malaysia. Soal kaitannya dengan yang diungkap di Jakarta masih kita kembangkan lagi," kata Valentino.

Narkoba jenis yaba merupakan kombinasi dari caffeine dan methapethamine (stimulan yang kuat dan adiktif), dalam bahasa Thailand Yaba sendiri memiliki arti “Obat Gila atau Crazy Pil”.

Peredaran narkoba jenis Yaba di Indonesia masih tergolong baru, namun di luar negeri ternyata sudah tersebar luas. Yaba sangat populer disalahgunakan di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Narkoba jenis yaba ini pertama kali muncul di Bangladesh pada tahun 2002.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Bus ALS akan Naikkan Tarif 18 Persen

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya