66 Paskibraka Dikukuhkan, Edy Rahmayadi: Bercita-citalah yang Terbaik

Setiap Kabupaten/kota kirimkan dua wakil

Medan, IDN Times - Aula rumah Dinas Kantor Gubernur Sumatera Utara memutih, Kamis (15/8) petang. Berbaris rapi dan gagah, 66 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumut yang siap dikukuhkan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi langsung yang mengukuhkan mereka. Tak ada rasa letih dari raut wajah para Paskibra. Gagah, wajahnya lantang dengan sedikit senyum di wajah. Mereka terlihat sudah siap menjalankan tugas mulai mengibarkan bendera pusaka pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2019, di Lapangan Merdeka, Medan.

Baca Juga: Anggota Paskibraka Tapteng Dikukuhkan, Ini Pesan dari Bupati

1. Pesan Edy Rahmayadi mereka harus punya cita-cita terbaik

66 Paskibraka Dikukuhkan, Edy Rahmayadi: Bercita-citalah yang TerbaikIDN Times/Istimewa

Edy Rahmayadi yang juga bertindak sebagai pembina upacara  langsung menyampaikan pesan. Dia berharap, para anggota Paskibraka yang terpilih untuk melaksanakan tugas yang mulia, mengibarkan bendera merah putih, dengan sebaik-baiknya.

"Saya yakin kalian semua memiliki cita-cita. Saya tidak tahu apa yang ada di dalam hati kalian, anak-anakku. Tapi pastilah, kalian bercita-cita untuk menjadi yang terbaik, untuk menjadi manusia yang sukses, apa pun profesi, pekerjaan dan pengabdian yang akan kalian pilih itu lah yang terbaik," ungkap mantan Pangkostrad itu.

2. Edy Rahmayadi sebut jadi Paskibraka adalah momen yang tak terlupakan

66 Paskibraka Dikukuhkan, Edy Rahmayadi: Bercita-citalah yang TerbaikIDN Times/Istimewa

Para anggota Paskibraka adalah para pelajar yang terpilih dari 33 kabupaten/kota di Sumut. Menurut Edy Rahmayadi ini merupakan tugas awal dalam meraih cita-cita. Karena gemblengan yang didapat dalam masa karantina merupakan pengalaman yang sangat berharga yang diperoleh oleh para pelajar.

"Apa yang kalian alami selama digembleng beberapa minggu ini untuk mengemban tugas pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti, sebagai bagian proses meraih cita-cita kalian. Oleh karena itu. Apa yang telah kalian laksanakan, digembleng, dilatih, diuji dan dibina. Barangkali pengalaman yang amat berharga. Atau bahkan kalian belum pernah mengalami sebelumnya," katanya.

3. Kadispora Sumut pastikan anggota Paskibraka hasil seleksi terbaik

66 Paskibraka Dikukuhkan, Edy Rahmayadi: Bercita-citalah yang TerbaikIDN Times/Istimewa

Kadispora Sumut Baharuddin Siagian selaku pembina 66 anggota Paskibra ini mengatakan, sebanyak 66 anggota Paskibraka terpilih ini merupakan siswa/siswi terbaik dari 33 kabupaten/kota yang terdiri dari 32 putra dan 34 putri SMA, SMK, Madrasah Aliyah Negri dan swasta di Sumut. Mereka adalah siswa/siswi terbaik berdasarkan hasil seleksi dari kabupaten/kota. Dimana 33 kabupaten/kota menyerahkan 4 peserta ke Dispora Sumut dan selanjutnya Dispora Sumut memilih 2 peserta dari 4 peserta tersebut.

"Keseluruhannya 4 peserta yang kita terima dari kabupaten/kota, kemudian kita pilih 2 orang. Mereka kita karantina dan dilatih dari unsur TNI dan Polri, Purna Paskibraka Indonesia Sumut dan tim kesehatan Medistra. Mereka dikarantina dari tanggal 31 Juli 2019 sampai 18 Agustus 2019 di Lembaga Pendidikan Perkebenan Jalan Wiliam Iskandar Medan," ucap Baharudin.

Baca Juga: Siswi Paskibraka Meninggal Diduga Dianiaya, Kak Seto Bilang Begini

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya