3.500 Orang Diberangkatkan Mudik Lebaran Gratis dari Sumut

Edy ingatkan warga supaya amankan rumah

Medan, IDN Times – Mudik gratis dimanfaatkan masuyarakat Sumatra Utara untuk pulang ke kampung halaman. Kuota mudik gratis sempat jebol.

Awalnya pemerintah menyediakan 1.200 kursi. Namun peminatnya ternyata membludak. Dari 4000 kursi setelah penambahan, ada 3.500 pemudik yang berangkat.

1. Gubernur Edy ingatkan keamanan rumah yang ditinggal mudik

3.500 Orang Diberangkatkan Mudik Lebaran Gratis dari SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi melepas mudik gratis, Rabu (19/4/2023). (Dok Diskominfo Sumut)

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengingatkan agar pemudik meninggalkan rumah dalam keadaan aman. Pihaknya juga sudah menyiapkan pengamanan selama masa mudik.

“Kami (Forkopimda) sudah berkoordinasi, Ketua DPRD, Kapolda, Pangdam, memfasilitasi mengamankan rumah rakyat yang ditinggalkan, saya koordinasikan untuk patroli di luar rumah, rakyat yang mudik juga harus memastikan rumahnya dalam kondisi aman, amankan listriknya, air, kompor, semua harus dalam kondisi aman,” kata Edy, usai melepas mudik gratis, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga: Gubernur Edy Ultimatum Para Bandit : Kalian Banyak, Kami Lebih Banyak

2. Lebaran diprediksi genjot perekonomian

3.500 Orang Diberangkatkan Mudik Lebaran Gratis dari SumutSejumlah kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Dermaga IV Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (26/4/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Edy juga mengatakan jika masa lebaran akan menggenjot perekonomian di Sumut. Ini meujuk lalu lintas orang yang masuk ke Sumut mencapai 4,5 juta orang.

“Ini bisa sampai Rp120 miliar saat Lebaran, mudah-mudahan yang pulang ke Sumut ini banyak-banyak belanja di Sumut,” ujarnya.

3. Rute mudik mencakup hingga Mandailingnatal

3.500 Orang Diberangkatkan Mudik Lebaran Gratis dari SumutIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Jurusan yang dituju pemudik gratis ini di antaranya Panyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantau Prapat, Gunung Tua, Sidikalang, Salak, Stabat/Besitang. Para pemudik pun di setiap bus dibekali dengan logistik untuk selama dalam perjalanan.

Menurut Edy, mudik gratis tersebut meringankan beban masyarakat. “Ini (mudik) kita dukung, karena mudik ini tradisi masyarakat setiap tahun bersilaturahmi dengan keluarganya, tapi sudah dua tahun itu tidak dilakukan karena Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Rizal pemudik tujuan Panyabungan mengapresiasi mudik gratis tersebut. Menurutnya, dengan adanya mudik gratis tentunya akan menghemat pengeluarannya saat berlebaran. “Senang ya, ada bantuan mudik gratis ini,” katanya.

Baca Juga: 5.182 Warga Medan Mulai Berangkat Mudik Gratis, Dibagi 3 Jadwal

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya