5.182 Warga Medan Mulai Berangkat Mudik Gratis, Dibagi 3 Jadwal

Bobby: Jangan lupa informasikan rumahnya ke Kepling

Medan, IDN Times - Program mudik gratis yang digelar Pemerintah Kota Medan tahun 2023 resmi dilepas langsung oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution berlokasi di jalan Masjid Raya, pada Rabu (19/4/2023).

Tercatat ada sekitar 5.182 ikut serta mudik dari 5.294 yang mendaftar berbagai daerah di Kota Medan.

1. Bobby imbau masyarakat untuk beri informasi ke Kepling dan Lurah untuk pantau rumah

5.182 Warga Medan Mulai Berangkat Mudik Gratis, Dibagi 3 JadwalSuasana mudik gratis yang digelar Pemko Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Bobby Nasution mengimbau agar masyarakat yang ikut serta mudik dan meninggalkan rumahnya untuk diinformasikan ke Lurah ataupun Kepling (Kepala Lingkungan) disekitar. Hal ini sebagai bentuk untuk tetap menjadi pemantauan dan patroli.

“Atau juga bisa disampaikan kepada TNI/Polri, Babinsa, Babinkamtibmas, agar tempat bisa terpantau saat hari raya atau pascahari raya nanti,” ujarnya.

Untuk keberangkatan wilayah yang terdekat dari Kota Medan, Bobby menyampaikan dari Medan ke Dairi, Sidikalang dan Tarutung sedangkan yang paling jauh adalah Mandailing Natal.

Baca Juga: Peminat Pemudik Gratis Jebol, Pemprov Sumut Tambah Kuota

2. Bobby minta agar tak pakai kendaraan plat merah untuk mudik dan liburan

5.182 Warga Medan Mulai Berangkat Mudik Gratis, Dibagi 3 JadwalSuasana mudik gratis yang digelar Pemko Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Bobby meminta agar tidak memakai kendaraan berplat merah (Dinas) untuk melakukan mudik maupun liburan.

Salat Idul Fitri nantinya akan dilaksanakan di Kecamatan Medan Johor tepatnya di Taman Cadika.

"Sekaligus kita minta doa dan dukungan untuk Taman Cadika bisa segera kita revitalisasi,” jelasnya.

3. Keberangkatan mudik gratis sebanyak tiga kali

5.182 Warga Medan Mulai Berangkat Mudik Gratis, Dibagi 3 JadwalSuasana mudik gratis yang digelar Pemko Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, Iswar sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan menambahkan bahwa masyarakat terlihat sangat antusias. Hal ini ditambahkannya terbukti saat dalam pembukaan pendaftaran yang tercatat berjumlah 5.294 yang mendaftar dan diverifikasi selama 4 hari dan dari total tersebut ada yang tidak mengambil tiketnya.

Pelepasan untuk keberangkataan para mudik gratis dari Pemko Medan ini 3 hari dimulai dari Rabu (19/4/2023) hingga Jumat (21/4/2023).

Iswar menjelaskan untuk rincian keberangkatan penumpang di hari pertama sebanyak 2.262 penumpang dengan jumlah bus 57 unit, kemudian hari kedua tepatnya besok ada sekitar 2.138 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 53 unit, dan di hari terakhir hari ketiga ada 782 penumpang 782 dengan jumlah bus 20 unit.

“Dan kebetulan jumlah penumpang yang paling banyak itu untuk ke daerah Madina (Mandailing Natal),” tutup Iswar.

Baca Juga: Mudik Gratis Pemko Medan, Terbanyak Rute Medan-Panyabungan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya