Peminat Pemudik Gratis Jebol, Pemprov Sumut Tambah Kuota

Tekan angka pemudik sepeda motor

Medan, IDN Times – Mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Sumatra Utara diminati masyarakat. Bahkan, kuota yang ditawarkan saat pendaftaran dibuka, sudah habis.

Pemprov Sumut menambah kuota mudik gratis yang disediakan. Masyarakat bisa melakukan pendaftaran secara online atau pun offline.

1. Kuota mudik gratis ditambah

Peminat Pemudik Gratis Jebol, Pemprov Sumut Tambah KuotaIlustrasi program mudik gratis. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus menjelaskan, awalnya pihaknya hanya menyediakan 1.200 kursi untuk mudik gratis. Namun karena permintaannya cukup banyak, mereka menambah kuota mudik gratis itu.

“Sekarang sudah 4.000 an kuotanya. Tadinya cuma 1.200,” kata Agustinus kepada IDN Times, Jumat (14/4/2023).

2. Mudik gratis kurangi angka pemudik sepeda motor

Peminat Pemudik Gratis Jebol, Pemprov Sumut Tambah KuotaIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Kata Agustinus, mudik gratis ini diselenggarakan untuk menekan angka pemudik sepeda motor. Pihaknya sangat tidak merekomendasikan pemudik dengan sepeda motor. Karena, mudik dengan sepeda motor menimbulkan risiko kecelakaan lalu lintas yang lebih tinggi.

“Angka pemudik sepeda motor ini masih tinggi. Sekitar 20,3 persen dari total masyarakat yang mudik jumlahnya,” ungkapnya.

3. Pendaftaran masih terbuka hingga keberangkatan

Peminat Pemudik Gratis Jebol, Pemprov Sumut Tambah KuotaIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Para peserta mudik nantinya akan diberangkatkan pada Rabu 19 April 2023 atau H-2 lebaran. Pendaftaran masih akan dibuka hingga 19 April jika kuotanya masih tersedia.

Mudik Gratis Bermartabat ini akan berangkat dari Kota Medan. Armada bus akan melintasi sejumlah rute, antara lain; Panyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantau Prapat, Gunung Tua, Sidikalang, Salak, Stabat dan Besitang.

Baca Juga: Mudik Gratis Pemko Medan, Terbanyak Rute Medan-Panyabungan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya