3 Pencuri BBM Pertamina Penyebab Kebakaran di Belawan Ditangkap

Tersangka diduga mengebor pipa hingga sebabkan kebakaran

Medan, IDN Times  - Polda Sumatra Utara menangkap tiga orang yang diduga melakukan pencurian minyak milik PT Pertamina di kawasan Belawan, Kota Medan.

Penangkapan ini menyusul kebakaran hebat yang terjadi di Kampung Kurnia, Lingkungan 10, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Selasa (14/10/2023) lalu. Kebakaran itu menghanguskan 10 rumah penduduk dan sejumlah kandang babi.

Menurut keterangan polisi, ketiga laki-laki berinisial AS, BS dan BN ditangkap di Kabupaten Deliserdang.

"Dari hasil penyelidikan olah TKP penyebab kebakaran karena adanya pencurian atau pengeboran pipa BBM milik Pertamina," kata Direktur Reskrimum Polda Sumut, Kombes Sumaryono Kamis (16/11/2023).

1. Polisi masih melakukan pengembangan kasus

3 Pencuri BBM Pertamina Penyebab Kebakaran di Belawan DitangkapIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sumaryono mengungkapkan, anak buahnya bersama Polres Pelabuhan Belawan langsung melakukan penyelidikan setelah kebakaran itu terjadi. Mereka kemudian menangkap ketiga tersangka. Saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan kasus.

"Saat ini penyidik tengah mengonstruksikan proses hukum terhadap kedua orang yang ditangkap serta pemeriksaan saksi-saksi lainnya. Ketiga pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara," pungkasnya.

2. Pertamina merugi hingga Rp180 juta

3 Pencuri BBM Pertamina Penyebab Kebakaran di Belawan Ditangkapilustrasi BBM (IDN Times/Aditya Pratama)

Pencurian minyak dan kerusakan infrastruktur jaringan penyalur minyak membuat PT Pertamina merugi. PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mengalami kerugian sebesar Rp 180 juta.

Kebakaran yang menghanguskan 10 rumah ini tidak menyebabkan korban jiwa. Namun lebih dari 10 kepala keluarga tidak memiliki  hunian karena rumahnya hangus.

Kebakaran dapat dipadamkan. Petugas Damkar Kota Medan menerjunkan 10 armada gajah merahnya untuk memabantu memadamkan api. Si jago merah baru bisa dipadamkan setelah dua jam.

3. Kasus pencurian berulang terjadi

3 Pencuri BBM Pertamina Penyebab Kebakaran di Belawan Ditangkapilustrasi BBM (IDN Times/Aditya Pratama)

Kasus kebakaran karena pencurian minyak juga terjadi di Belawan Bahari. Kebakaran hebat juga terjadi pada Kamis (26/10/2023). Kebakaran berujung pada dua korban yakni ibu dan anak. Keduanya harus dirawat di rumah sakit karena mengalami luka bakar serius.

Para pelaku pencurian seakan tidak pernah jera. Padahal ada bahaya yang mengancam. Di Kampung Kurnia, polisi pernah menggerebek tempat penampungan solar diduga curian. Beberapa orang juga ditangkap pada akhir 2022. Di tahun itu, kasus pencurian sudah terjadi sekitar enam kali.

Para pelaku seakan tidak takut dengan jerat hukum. Pertamina juga sudah melakukan berbagai upaya pencegahan dengan melakukan patroli.

"kami memohon dukungan kepada aparat penegak hukum, untuk dapat bertindak tegas dan memmroses secara hukum, terhadap pelaku aksi illegal tapping ini, secara serius. Sehingga aksi illegal tapping tidak terjadi lagi," ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria

Baca Juga: Pencurian BBM di Pertamina Belawan, Ibu dan Anak Jadi Korban Kebakaran

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya