2,3 Juta Pemudik Diprediksi Datang ke Sumut pada Lebaran 2023

4,4 juta orang berangkat tinggalkan Sumut

Medan, IDN Times – Mudik lebaran 2023 diprediksi lebih padat. Dinas Perhubungan Sumatra Utara mobilitas pemudik akan datang ke Sumut sebanyak 2,3 juta orang.

Sementara itu, 4,4 juta pemudik akan meninggalkan Sumatra Utara. Sampai saat ini, Sumatra Utara masuk dalam peringkat lima pemudik dari daerah asal terbanyak setelah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jabodetabek, dan Jawa Barat.

"Potensi pergerakan pemudik secara nasional 123,8 juta," ucap Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, Kamis (6/4/2023).

1. Pemudik antar kabupaten kota tengah dihitung

2,3 Juta Pemudik Diprediksi Datang ke Sumut pada Lebaran 2023ilustrasi mudik (IDN Times/Esti Suryani)

Agustinus menjelaskan, Sumut merupakan peringkat ke 6 daerah tujuan perjalanan terbanyak setelah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek dan DI Yogyakarta.

Sampai saat ini, pihaknya juga tengah melakukan perhitungan potensi perjalanan pemudik antar kabupaten/kota di Sumut.

"Itu juga yang tadi, ditambah dengan pergerakan yang internal-internal di Kabupaten/Kota yang ada di Sumut," kata Agustinus.

Baca Juga: Hadapi Puncak Mudik, PT KAI Sumut Sediakan Hampir 17 Ribu Kursi

2. Kuota angkutan mudik masih aman

2,3 Juta Pemudik Diprediksi Datang ke Sumut pada Lebaran 2023Ilustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Arus mudik diprediksi terjadi mulai 17 – 21 April 2023. Puncak arus mudik sendiri diprediksi terjadi pada 20-21 April 2023.

Sementara itu untuk arus balik pertama terjadi pada 24-26 April 2023. Kemudian arus balik kedua terjadi pada 29 April hingga 2 Mei 2023.

Kata Agustinus, pihaknya mempersiapkan layanan transportasi yang digunakan pemudik. Seperti bus, kereta api, pesawat hingga kapal laut sebagai moda perjalanan pemudik.

"Kita pastikan itu, kapasitasnya angkutan masih memadai dengan yang tersedia, baik angkutan jalan kereta api, penyeberang angkutan laut kita dan udara," jelas Agustinus.

3. Pemudik harus tetap waspada di jalan

2,3 Juta Pemudik Diprediksi Datang ke Sumut pada Lebaran 2023ilustrasi mudik (IDN Times/Esti Suryani)

Agustinus mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik pribadi memastikan kendaraannya layak. 

"Kemudian, patuhi peraturan lalulintas, melihat jam untuk mengemudi. Selalu istirahat di rest area, jangan menggunakan sepada motor dan menggunakan armada yang berizin," pungkasnya.

Baca Juga: 2,8 Juta Kendaraan Bakal Lewati Tol Trans Sumatra Saat Mudik Lebaran

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya