Comscore Tracker

Waspadai Corona, Wisatawan yang Keluar Masuk Samosir Diperiksa

Pasar disemprot cairan desinfektan

Samosir, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Samosir memperketat pengawasan di pintu keluar masuk ke daerah tersebut. Semua orang yang datang ke Samosir harus menjalani infrared thermometer dan penyaringan warga keluar masuk juga akan dilakukan.

Kebijakan ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona dan sudah melalui rapat yang dipimpin Wakil Bupati Samosir, Juan Sinaga.

Rapat ini merupakan tidak lanjut Surat Keputusan Presiden RI nomor 7 Tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penaganan corona virus disease 2019 dan Instruksi Gubernur Sumatera Utara.

1. Seluruh pasar sebelum buka dan tutup disemprot cairan desinfektan

Waspadai Corona, Wisatawan yang Keluar Masuk Samosir DiperiksaWarga saat mencuci tangan menggunakan cairan anti septik (Hendra Simanjuntak/IDN Times)

Kebijakan lain dalam mengantisipasi atau pencegahan penularan virus covid-19 adalah, seluruh pejabat dan elemen lainnya diharapkan menyebarluaskan himbau kepada masyarakat agar meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jambu biji serta tidak merokok

Masyarakat didorong untuk menghindari keramaian, menghindari kontak badan dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun, menghindari keluar rumah, menghindari perjalanan keluar kota. Langkah yang tidak kalah penting dipesankan Pemkab Samosir adalah seluruh pasar, sebelum buka dan tutup di semprot desinfektan.

Baca Juga: [BREAKING] PDP 01 Yang Meninggal di RS Adam Malik Positif Corona

2. Dinkes harus cepat tanggap dan awasi objek vital

Waspadai Corona, Wisatawan yang Keluar Masuk Samosir DiperiksaPetugas medis tampak sedang menangani pasien-pasien terinfeksi Covid 19 di rumah sakit. Cnn.com

Dinas Kesehatan (Dinkes) Samosir diperintahkan agar cepat dan tanggap menanggulangi jika sudah ada yang terinfeksi dan perlu ada simulasi rutin oleh petugas kesehatan, penyediaan fasilitas ruang isolasi.

"Pemkab juga membentuk tim pemutus (satuan tugas) mata rantai penyebaran wabah virus corona pada objek- objek vital," kata wakil bupati.

Disampaikan juga, Forkopimda Samosir siap mendukung setiap kebijakan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam upaya penanggulangan wabah virus corona agar terhindar dari masyarakat Kabupaten Samosir. Dalam hal anggaran DPRD Kabupaten Samosir, pun diyakini akan mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam mengajukan diskresi anggaran untuk penyediaan setiap fasilitas antisipasi/pencegahan penularan covid 19.

"Mari satukan tekad mencegah penyebaran wabah virus corona dengan menjaga stamina tubuh dan mengikuti anjuran dan petunjuk yang diberikan petugas serta kebersihan lingkungan dari Bumi Samosir," kata Juan Sinaga.

3. Pengelola hotel atau penginapan diimbau siapkan pembersih tangan

Waspadai Corona, Wisatawan yang Keluar Masuk Samosir DiperiksaCalon penumpang memanfaatkan pembersih tangan yang disediakan di Stasiun Madiun. Dok. IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Samosir, Dumosch Pandiangan menghimbau seluruh pengusahan atau pengelola perhotelan turut mencegah penyebaran virus corona, dimana setiap tamu yang akan masuk ke area gedung penginapan, suhu tubuhnya wajib diperiksa.

"Kita telah meminta kepada seluruh pemilik hotel agar melengkapi alat pengukur suhu tubuh tubuh atau sarana yang dapat dipergunakan mencegah penyebaran corona sehingga harus dapat dideksi sedemikian rupa," terangnya.

Ia menambahkan bahwa ada 10 jalur atau pintu masuk ke Kabupaten Samosir dan di sana akan ditempatkan petugas untuk mengukur suhu tubuh warga yang keluar masuk.

"Petugas disiapkan di pintu masuk untuk mendeksi dugaan terhadap orang yang kena virus corona. Dan jika suhu tubuhnya mencapai angka yang tidak wajar maka akan segera dirujuk ke puskesmas agar diperiksa lebih lanjut," terangnya.

Baca Juga: [BREAKING] PDP 01 Corona yang Meninggal di Adam Malik Sempat ke Italia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya