Hanya Satu Polisi Berjaga, 5 Tahanan Polsek Perdagangan Kabur

Tahanan kabur setelah memotong jeruji

Simalungun, IDN Times - Lima orang tersangka yang ditahan di ruang tahanan Polsek Perdagangan dikabarkan berhasil kabur, Jumat (17/2/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Mereka melarikan diri di tengah minimnya pengawasan dari petugas.

Informasi tersebut dibenarkan Kapolres Simalungun, AKBP Ronald Sipayung, Sabtu (18/2/2023).

1. Petugas sedang mengamankan TKP

Hanya Satu Polisi Berjaga, 5 Tahanan Polsek Perdagangan Kaburilustrasi borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia menjelaskan bahwa ke 5 tersangka berhasil melarikan diri saat mengetahui polisi yang menjaga di Polsek Perdagangan hanya satu orang. Penjaga minim karena personel piket fungsi lainnya sedang bertugas untuk melakukan pengecekan Tempat Kejadian Perkara (TKP) karena mendapat informasi adanya dugaan seorang pria yang ditangkap karena pencurian.

"Personel bertugas mengamankan TKP guna mengantisipasi amukan massa dan hal-hal yang tidak diinginkan maka personel Polsek Perdagangan langsung menuju TKP dan mengamankan pria tersebut. Namun ketika dilakukan pemeriksaan pria tersebut merupakan seorang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) sehingga personel mengamankan pria tersebut dengan membawa ke Mako Polsek Perdagangan," ujarnya.

Baca Juga: Dikontrak UFC, Jeka Saragih Minta Dukungan Warga Siantar-Simalungun

2. Tahanan kabur setelah merusak jeruji

Hanya Satu Polisi Berjaga, 5 Tahanan Polsek Perdagangan KaburIlustrasi penjara (IDN Times/Mia Amalia)

Setelah petugas tiba di Polsek Perdagangan dan melihat tahanan kabur dengan memotong besi, langsung mengabarkannya ke Kapolsek Perdagangan AKP Josia dan masalah itu pun dilaporkan kepada Kapolres Simalungun.

"Modus 5 orang tahanan yang berhasil melarikan diri dengan merusak jeruji besi pentilasi kamar mandi sel tahanan yang bersebelahan dengan ruang unit penyidik Reskrim Polsek Perdagangan, lalu melarikan diri dengan melompat ke ruangan pemeriksaan reskrim yang dalam keadaan kosong tidak ada personel" tambah Ronald Sipayung.

3. Kapolres Simalungun minta warga membantu mencari tahanan

Hanya Satu Polisi Berjaga, 5 Tahanan Polsek Perdagangan KaburPolres Simalungun (IDN Times/Patiar Manurung)

Saat kabar tahanan kabur, kata Kapolres lagi, anggotanya dari Polres Simalungun dan Polsek Perdagangan langsung melakukan pencarian terhadap kelima tersangka itu. Guna memercepat pencarian, saat ini tim gabungan dari Krim Um Polda Sumut telah dilibatkan.

"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat apabila ada mengetahui keberadaan 5 orang tahanan yang berhasil melarikan diri dari rumah tahanan Polsek Perdagangan dapat langsung melaporkan atau menginformasikan ke nomor Kontak Kapolsek Perdagangan di Nomor : +62 813-7000-1966, atau menyampaikan langsung kepada kami di posko pengaduan masyarakat di nomor 0811-6501-516," katanya.

"Kami menghimbau kepada pihak keluarga yang mengetahui persembunyian dan keberadaan tahanan tersebut agar menyerahkan kepada petugas kepolisian, dan segera menyerahkan diri, " pungkas Ronald.

Baca Juga: 5 Spot Wisata di Simalungun, Kampung Atlet UFC Jeka Saragih 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya