Tinjau Pasokan BBM Bersubsidi, Menteri ESDM: Suplai di Sumut Aman

Menteri ESDM tinjau beberapa SPBU di Sumut

Medan, IDN Times - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati meninjau pasokan BBM bersubsidi di beberapa SPBU di Sumatra Utara, Sabtu (9/4/2022).

Menteri ESDM dan rombongan meninjau SPBU Tol 11.209.108 Rest Area 65 A, SPBU Paya Pasir 14.206.198 di Tebing Syahbandar Serdang Bedagai, SPBU Tol 11.209.108 Rest Area 65 B dan SPBU 14.201.127 di Jalan Sisingamangaraja No.29, Medan.

1. Tidak ada antrian saat meninjau beberapa lokasi SPBU

Tinjau Pasokan BBM Bersubsidi, Menteri ESDM: Suplai di Sumut AmanIstimewa/IDN Times

Arifin Tasrif mengapresiasi pemerintah Provinsi Sumut lantaran suplai BBM aman dan tidak ada antrian. 

"Saya tadi mendarat meninjau lokasi pertama hingga sekarang suplainya itu aman, tak ada antrian dan semua berjalan lancar. kami melihat stok yang ada di sini dan mencukupi, kalau ada kekurangan makan akan dilakukan langkah pemenuhan," ujarnya.

Menurutnya, situasinya saat ini, harga komoditas yang banyak naik menyebabkan beberapa perusahaan berupaya meningkatkan produksinya.

"Untuk itu pasti mereka membutuhkan dukungan logistik yang kuat, jadi transportasi bertambah jumlah pemakaian bahan bakarnya juga bertambah," katanya. 

2. Solar subsidi bukan untuk industri yang bisnis komersil

Tinjau Pasokan BBM Bersubsidi, Menteri ESDM: Suplai di Sumut AmanIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Ia mengatakan, pemerintah mengalokasikan solar subsidi ini untuk masyarakat yang perlu dibantu, bukan industri yang melakukan bisnis komersil.

"Kita imbau kepada para pelaku usaha industri yang masih pakai solar subsidi baik secara langsung dan tak langsung untuk kembali menggunakan bahan bakar yang tak bersubsidi supaya tak mengurangi jatah masyarakat yang seharusnya menerima alokasi tersebut," ucapnya. 

3. Penyaluran BBM subsidi akan diawasi agar tepat sasaran

Tinjau Pasokan BBM Bersubsidi, Menteri ESDM: Suplai di Sumut AmanIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatra Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengatakan Forkopimda Sumut siap mendukung penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dengan pengawasan ketat agar tepat sasaran.

"Penyaluran BBM subsidi ini perlu didukung dengan pengawasan ketat agar tempat sasaran. Pemerintah Provinsi Sumut sendiri sudah keluarkan Surat Edaran Gubernur Sumut Nomor 541/3268 tentang Pengendalian Pendistribusian Jenis BBM Tertentu Jenis Minyak Solar Bersubsidi di Provinsi Sumut," ujar Ijeck yang hadir bersama Kapolda Sumut Irjen R.Z Panca Putra.

Seluruh Forkopimda, lanjutnya juga terus melakukan komunikasi dan kerjasama.

"Polda Sumut bahkan telah membentuk tim untuk melakukan pengawasan di lapangan, dan akan melakukan tindakan bagi setiap orang yang melakukan penyimpangan," katanya.

Selain pemerintah, upaya ini harus didukung oleh masyarakat dengan kesadaran penuh untuk memahami dan mengikuti peraturan pemerintah dalam menggunakan BBM bersubsidi.

Baca Juga: Ini Syal Bercampur Emas Seharga Rp30 Juta yang Pecahkan Rekor MURI

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya