Siaran TV Analog di Sumut Dimatikan Mulai 2 November, Ini Wilayahnya

Tahap satu dimulai dari Kabupaten Simalungun

Medan, IDN Times- Penyiaran televisi analog akan segera dihentikan (Analog Switch Off) pada 2 November mendatang. Set Top Box (STB) merupakan perangkat tambahan yang disematkan jika televisi masyarakat belum bisa menjangkau siaran televisi digital.

Dalam pelaksanaannya dilakukan dalam beberapa tahapan. Termasuk di Sumatra Utara.

1. Analog Switch Off akan dihentikan di sejumlah wilayah ini

Siaran TV Analog di Sumut Dimatikan Mulai 2 November, Ini WilayahnyaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, Anggia Ramadhan mengatakan pada tahap satu, penghentian siaran mulai dimatikan di wilayah Sumatra Utara meliputi Kabupaten Simalungun, Asahan, Batubara, Tanjungbalai, Siantar, dan dilanjutkan di Dairi dan Pakpak Bharat.

Kemudian dilanjutkan tahap dua di wilayah Sumatra Utara meliputi Kabupaten Langkat, Tebingtinggi, Medan, Deli Serdang dan Serdang Bedagai dan Binjai.

Baca Juga: Siap-siap! Siaran Televisi Analog Dihentikan 2 November

2. Akan memperbaiki kualitas visual siaran

Siaran TV Analog di Sumut Dimatikan Mulai 2 November, Ini Wilayahnyaunsplash.com/Juan Ordonez

Anggia menyampaikan peralihan televisi analog ke digital tidak hanya memperbaiki kualitas visual siaran, tapi juga harus berkualitas dari sisi konten. Menurutnya, keberadaan televisi digital akan sangat berdampak bagi masyarakat.

"Perubahan teknologi ini akan membuat program siaran juga berkembang yang bisa berdampak positif," ujarnya, Selasa (25/10/2022). 

3. Sediakan set top box untuk masyarakat kurang mampu

Siaran TV Analog di Sumut Dimatikan Mulai 2 November, Ini WilayahnyaIlustrasi anak menonton televisi. (pexels.com/Vidal Balielo Jr.)

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Usaha TVRI Sumut Suwardi Camong menjelaskan, dalam mendukung program pemerintah televisi digital ini, TVRI Sumut telah menyiapkan transmisi baru di beberapa daerah dan mengupayakan penutupan analog yang telah dilakukan sejak 31 Maret 2022, 25 Agustus 2022 dan 2 November 2022 sebagai puncaknya.

Ia juga mengatakan, pihak penyelenggara siaran juga menyediakan set top box yang akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di masing-masing daerah.

Baca Juga: Cara Mengubah TV Analog ke Digital dengan Set Top Box

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya