Siap-siap! Siaran Televisi Analog Dihentikan 2 November

Selain memperbaiki kualitas visual siaran, juga konten

Medan, IDN Times- Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, Anggia Ramadhan mengungkapkan penyiaran televisi analog akan segera dihentikan (Analog Switch Off) pada 2 November mendatang.

"Peralihan televisi analog ke digital tidak hanya memperbaiki kualitas visual siaran, tapi juga harus berkualitas dari sisi konten," katanya, dalam kegiatan sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan penyiaran TV Digital yang digelar Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatra Utara, Selasa (25/10/2022). 

1. Masyarakat akan mendapat tontonan yang berkualitas

Siap-siap! Siaran Televisi Analog Dihentikan 2 NovemberIDN Times/Masdalena Napitupulu

Dalam kegiatan itu, Anggia menyampaikan, keberadaan televisi digital akan sangat berdampak bagi masyarakat. Perubahan teknologi ini akan membuat program siaran juga berkembang yang bisa berdampak positif atau negatif.

"KPI juga akan lebih besar tanggungjawabnya untuk mengawasi setiap kanal dan konten akan bertambah di era televisi digital ini. Kerja KPI akan semakin besar juga ke depannya. Televisi digital nanti akan menunjang kualitas siaran tapi hendaknya kita harap dengan ASO ini masyarakat juga mendapat tontonan yang berkualitas," katanya.

2. Diharapkan dapat mendorong kemajuan konten lokal

Siap-siap! Siaran Televisi Analog Dihentikan 2 NovemberIDN Times/Debbie Sutrisno

KPID Sumut juga berharap keberadaan televisi digital juga akan mendorong kemajuan konten lokal, tidak lagi ditayangkan di atas pukul 12 malam.

Menurutnya, dengan ASO ini masyarakat bisa mendapat tontonan yang layak dan berkualitas dan mengedukasi terkhusus konten lokal.

"Televisi digital ini tidak berbayar, jangan lagi berasumsi ketika nantinya sudah tidak mendapat siaran analog bahwasannya televisi digital ini berlangganan," ujarnya.

3. Memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat

Siap-siap! Siaran Televisi Analog Dihentikan 2 NovemberPexels/ cottonbro

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatra Utara, Ilyas Suharto Sitorus yang juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut menyampaikan peralihan televisi analog ke digital ini bukan semata-mata untuk mengikuti perkembangan zaman, tetapi juga memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat.

"Namun setiap perubahan pasti ada kendala, tapi kita akan cari solusi. Kita yakin ke depan seluruh wilayah Sumut pastinya nanti bisa menerima peralihan ini," katanya.

Baca Juga: 22 Fakta Semut dalam Kajian Islam dan Sains yang Perlu Kamu Tahu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya