Sensus Penduduk Lanjutan di Sumut Segera Dimulai, Ini Jadwalnya

Akan dilakukan pada 15 Mei - 30 Juni 2022

Medan, IDN Times- Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus penduduk 2020 lanjutan di Provinsi Sumatra Utara. Pentingnya sensus penduduk 2020 lanjutan ini, sebagai parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk menghasilkan indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) dan RPJMN di bidang kependudukan.

Kepala BPS Provinsi Sumatra Utara, Nurul Hasanudin, mengatakan pelaksanaan sensus penduduk 2020 lanjutan akan dimulai dari 15 Mei - 30 Juni 2022.

1. BPS Sumatra Utara akan mengerahkan 4.048 petugas di lapangan

Sensus Penduduk Lanjutan di Sumut Segera Dimulai, Ini Jadwalnyaunsplash.com/neONBRAND

Dalam pelaksanaannya, BPS Sumatra Utara akan mengerahkan 4.048 petugas di lapangan yang tersebar di 33 kabupaten/kota di Sumatra Utara.

Para petugas nantinya akan mendata kembali terkait karakteristik yang lebih sepesifik termasuk, mobilitas, fertilitas dan juga mortalitas.

"Bagaimana kita memotret migrasi dan juga datanya akan sangat relevan serta berguna untuk mendukung ketersediaan data SDGs, mudah-mudahan bermanfaat untuk perencanaan pembangunan nasional," kata Hasanudin, dalam kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan di Provinsi Sumatra Utara Untuk Wartawan, di Kantor BPS Provinsi Sumatera Utara, Jalan Asrama Medan, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Bakal Ada Sensus Penduduk Lanjutan di 2022, Sasar 4,3 Juta Keluarga

2. Petugas akan lakukan kunjungan door to door oleh selama periode tersebut

Sensus Penduduk Lanjutan di Sumut Segera Dimulai, Ini JadwalnyaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Hasanudin menjelaskan nantinya ada 83 pertanyaan untuk mengumpulkan variabel dari 221 ribu rumah tangga di 33 kabupaten/kota di provinsi ini dengan dilakukan kunjungan door to door oleh petugas selama periode tersebut.

"Kami berharap kepada masyarakat yang akan disensus, menerima petugas kami yang tersebat di 33 kabupaten/kota, agar informasi yang dikumpulkan lengkap dan tidak ada satu pun responden kita yang tidak terdata dengan baik," ujarnya.

3. BPS juga akan melakukan survei biaya hidup 2022

Sensus Penduduk Lanjutan di Sumut Segera Dimulai, Ini Jadwalnyamohamed Hassan dari Pixabay" target="_blank">ilustrasi audit (pixabay/mohamed_hassan)

Dalam sosialisasi itu, Hasanudin juga menambahkan tentang adanya sensus pertanian. "Data yang dihasilkan untuk sensus pertanian 2023 ini, data pokok pertanian nasional dilengkapi dengan data yang dapat menjawab isu strategis terkini di sektor pertanian , salah satunya urban farming," ungkapnya.

Selain sensus pertanian, BPS juga akan melakukan survei biaya hidup (SBH) 2022. Kegiatan SBY ini merupakan satu kesatuan rangkaian selama empat tahun dengan kegiatan persiapan 2021, pelaksanaan lapangan 2022, pengelolaan dan sosialisasi hasil pada 2023 serta penggunaan hasil untuk perhitungan IHK pada 2024.

Cakupan SBH 2022 sendiri di Sumatra Utara akan dilakukan di Sibolga, Pematangsiantar, Medan, Padangsidimpuan dan Gunung Sitoli. Sementara tambahan kota di Sumatra Utara yakni Labuhanbatu, Karo dan Deli Serdang. 

Baca Juga: Prestasi Suryati Marija Diharapkan Bisa Diteruskan Atletik Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya