Nawal Lubis Kampanyekan Gemar Makan Ikan untuk Anak

Pentingnya mengonsumsi ikan setiap hari

Medan, IDN Times - Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatra Utara (Sumut) Nawal Lubis mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bagi masyarakat di Sumatra Utara.

Hal itu disampaikan Nawal saat mengunjungi Balai Benih Ikan Kota Binjai, Jalan Labu, Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Senin (11/7/2022).

1. Pentingnya mengonsumsi ikan setiap hari

Nawal Lubis Kampanyekan Gemar Makan Ikan untuk AnakIstimewa/IDN Times

Dalam arahannya, Nawal Lubis menyampaikan pentingnya mengonsumsi ikan setiap hari bagi kesehatan, terutama untuk merangsang pertumbuhan anak usia sekolah agar mendapatkan bantuan gizi yang cukup.

"Untuk anak-anak semua, ikan itu adalah makanan bergizi dan banyak manfaatnya. Kandungan dalam ikan itu di antaranya ada omega tiga dan protein tinggi. Jadi sangat baik untuk kalian," ujar Nawal Lubis di sela tanya jawabnya bersama puluhan murid SD di Binjai Utara.

Baca Juga: 4 Pelajaran Budaya Batak yang Bisa Dipetik dari Film Ngeri Ngeri Sedap

2. Dengan gizi yang cukup, maka akan lahir generasi cerdas

Nawal Lubis Kampanyekan Gemar Makan Ikan untuk AnakIstimewa/IDN Times

Dalam kesempatan itu, Nawal membuat kuis kepada para murid Sekolah Dasar tentang ikan dan kesehatan pertumbuhan anak, juga mengimbau para guru untuk terus mendorong anak didiknya agar gemar makan ikan.

Kaitannya dengan pertumbuhan, Nawal menyebutkan, bahwa masalah stunting bisa diatasi dengan mencukupkan gizi bagi anak-anak, sehingga bisa bertumbuh baik secara fisik maupun kecerdasan.

"Mereka adalah anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa. Jadi dengan gizi yang cukup, maka akan lahir generasi cerdas. Apalagi kita di Sumatera Utara, ikan itu banyak. Termasuk program Hatinya PKK, bisa membudidaya ikan air tawar di pekarangan rumah," jelasnya.

3. Budidaya ikan air tawar menjadi program yang mendukung kampanye program Gemarikan

Nawal Lubis Kampanyekan Gemar Makan Ikan untuk AnakIstimewa/IDN Times

Sementara Ketua TP PKK Kota Binjai, Nurhayati Simanjuntak, mengapresiasi kehadiran Nawal Lubis di Balai Benih Ikan, Binjai Utara. "Meskipun Kota Binjai tidak berbatasan dengan laut, tetapi tetap bisa memanfaatkan lahan untuk budidaya ikan air tawar. Selain untuk konsumsi langsung (masak), ikan juga dijadikan olahan seperti sale (ikan asap)," sebut Nurhayati.

Oleh karena itu, lanjut Nurhayati, budidaya ikan air tawar menjadi program yang mendukung kampanye program Gemarikan bagi masyarakat di Kota Binjai. 

Baca Juga: Rekam Jejak Lili Pintauli, Perempuan Batak yang Mundur dari KPK

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya