Kereta Api Bandara Medan Sediakan 4.128 Tiket Per Hari untuk Mudik

Penumpang diprediksi naik 144 persen

Medan, IDN Times- PT Railink atau KAI Bandara terus melakukan persiapan dalam meningkatkan kualitas layanan penumpang di Medan untuk angkutan lebaran 2023. Pada masa angkutan lebaran 2023 mendatang, KA Bandara Medan per harinya menyediakan 4.128 tiket.

"Dengan adanya persiapan yang dilakukan PT Railink ini semoga membantu memudahkan perjalanan mudik masyarakat, khususnya yang menggunakan KA Bandara Medan," kata Direktur Utama Railink, Porwanto Handry dalam keterangan tertulisnya yang diterima IDN Times, Rabu (22/3/2023).

1. Penumpang diprediksi naik 144 persen jika dibandingkan tahun lalu

Kereta Api Bandara Medan Sediakan 4.128 Tiket Per Hari untuk MudikIlustrasi Infrastruktur (Kereta). IDN Times/Arief Rahmat

Porwanto mengatakan, KAI Bandara memprediksi jumlah penumpang KA Bandara Medan diprediksi sebanyak 29.257 penumpang selama angkutan lebaran 2023. Jumlah tersebut naik 144 persen jika dibandingkan dengan angkutan lebaran 2022.

Bukan hanya KA Bandara Medan, penumpang KA Bandara YIA juga diprediksi mencapai 172.409 selama angkutan lebaran 2023. Jumlah penumpang tersebut naik 234 persen jika dibandingkan dengan angkutan lebaran 2022.

Porwanto menyebutkan, akan ditambahkan juga 12 perjalanan KA pada angkutan lebaran 2023 ini guna memenuhi permintaan masyarakat.

Baca Juga: Ramadan, Diskotik hingga Spa di Medan Wajib Tutup hingga 22 April

2. Puncak angkutan lebaran akan terjadi diperkirakan pada H-3

Kereta Api Bandara Medan Sediakan 4.128 Tiket Per Hari untuk MudikIDN Times/Galih Persiana

Purwanto menyampaikan puncak angkutan lebaran akan terjadi diperkirakan pada H-3 lebaran dan H+5, H+6, dan H+7.

Persiapan lainnya yang dilakukan PT Railink (KAI Bandara) menghadapi lebaran yaitu bersama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian melaksanakan Ramp Check atau inspeksi kelengkapan, pelaksanaan posko angkutan lebaran, penambahan perjalanan 12 KA untuk Bandara YIA, Menyiapkan sarana yang handal dan cadangan sarana yang siap operasi.

3. Membantu memudahkan perjalanan mudik masyarakat pengguna KA

Kereta Api Bandara Medan Sediakan 4.128 Tiket Per Hari untuk MudikIDN Times/Galih Persiana

Purwanto menambahkan, PT Railink juga senantiasa berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk kondisi dari prasarana perkeretaapian, peningkatan pengawasan, serta pelayanan safety talk dan lain-lain.

"Dengan adanya persiapan yang dilakukan PT Railink, semoga membantu memudahkan perjalanan mudik masyarakat, khususnya yang menggunakan KA Bandara Medan dan Yogyakarta," ucapnya.

Bertepatan Hari Ulang Tahun ke-16 yang jatuh pada 28 September 2022, PT Railink atau KAI Bandara melaksanakan peresmian uji coba layanan KA Bandara Medan di Stasiun Bandar Khalipah, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut). Sejak 25 Juli 2013, KA Bandara Medan telah dioperasikan dengan melayani 2 stasiun, yaitu Medan dan Stasiun Bandara Kualanamu. 

Baca Juga: Fatwa Ramadan MUI Sumut: Asmara Subuh dan Main Petasan Haram! 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya