Hari Pers Nasional 2023 di Medan Bakal Cetak Tiga Rekor MURI

Salah satunya adalah Ichwan, ia memiliki koran tua di Medan

Medan, IDN Times - Wakil Bendahara Umum PWI Pusat, Dar Edy Yoga mengungkapkan akan ada pemberian tiga rekor dari Museum Rekor Indonesia MURI dalam perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

"Penghargaan MURI tersebut akan diserahkan untuk tiga orang. Yang pertama pada Ichwan Azhari, sejarawan dari Universitas Negeri Medan (Unimed)," ujarnya saat temu pers di Medan, Selasa (7/2/2023). 

1. Ichwan memiliki koleksi koran tua di Kota Medan

Hari Pers Nasional 2023 di Medan Bakal Cetak Tiga Rekor MURIProf Ichwan Azhari, sejarawan dari Unimed saat hadir sebagai pembicara di HPN Sumut 2023 (IDN Times/Doni Hermawan)

Edy menyampaikan rekor tersebut diberikan karena dosen Universitas Medan tersebut memiliki koleksi koran tua terlengkap dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kedua, penghargaan MURI juga akan diberikan kepada PWI Sumut sebagai organisasi wartawan pertama yang memberikan jaminan BPJS Ketenagakerjaan kepada anggota PWI secara gratis," ucapnya.

2. Rekor akan diberikan kepada Radio Kardopa sebagai pelopor bersih-bersih Danau Toba

Hari Pers Nasional 2023 di Medan Bakal Cetak Tiga Rekor MURIPanorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kemudian, rekor yang ketiga akan diberikan kepada Radio Kardopa. Hal tersebut diberikan karena telah mempelopori bersih-bersih Danau Toba.

"Penghargaan tersebut akan diberikan pada acara gala dinner di Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara," terangnya.

Di HPN ini, akan diberikan penghargaan anugerah kebudayaan kepada 10 kepala daerah yang telah memenangkan perlombaan. "Kemudian akan ada diberikan presscard number one bagi 33 wartawan yang sudah 25 tahun bergabung di PWI," ujarnya.

3. Presiden Jokowi akan memberikan anugerah Adinegoro award bagi jurnalis

Hari Pers Nasional 2023 di Medan Bakal Cetak Tiga Rekor MURISiswi SMA Negeri 1 Batauga, Sabrila "memarahi" Presiden Jokowi (dok. Sekretariat Presiden)

Dar Edy Yoga juga menambahkan, acara puncak HPN nanti yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, pada 9 Februari di Gedung Astaka.

"Pada acara puncak, Presiden Jokowi juga akan memberikan anugerah Adinegoro award bagi jurnalis yang memenangkan lomba karya jurnalistik Adinegoro," tuturnya.

Baca Juga: Pancing Investor, Kendal Permudah Perizinan untuk Berinvestasi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya