Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagikan Tip untuk Tingkatkan Pola Asuh

Menyambut Hari Anak Nasional yang diperingati pada 23 Juli

Medan, IDN Times- Tokopedia mencatat terjadi peningkatan transaksi jual beli produk kebutuhan anak dan keluarga pada kategori Ibu dan Anak selama semester I 2022 di sejumlah daerah di Indonesia. 

Tren ini didorong berbagai inisiatif termasuk Tokopedia Parents, ekosistem khusus yang membantu keluarga Indonesia mendapat informasi relevan serta belanja produk kebutuhan anak dan keluarga dengan lebih aman.

Head of Category Development Tokopedia, Ramadhan Niendraputra mengatakan, selama semester I 2022 kategori Ibu dan Anak masih menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia. "Sejumlah produk seperti tas ransel, kaos, ASI booster, susu untuk ibu hamil dan mainan montessori menjadi beberapa produk paling laris,” ungkapnya. 

Nah, selain menyediakan produk untuk keluarga. Tokopedia juga menyambut Hari Anak Nasional yang diperingati pada 23 Juli 2022. Kali ini, Tokopedia dan Dokter Anak, dr. Citra Amelinda, berbagi tips meningkatkan pola asuh. Yuk simak penjelasannya di sini!

1. Terlibat di kegiatan anak

Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagikan Tip untuk Tingkatkan Pola AsuhIstimewa/IDN Times

Dokter Citra menyebutkan periode emas anak dimulai pada 1.000 hari pertama. Terhitung dari sejak anak berada dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Dalam periode ini, dibutuhkan keterlibatan orang tua dalam kegiatan anak.

"Disebut periode emas karena pada masa ini tumbuh kembang anak berlangsung sangat pesat sehingga akan menjadi fondasi dasar kelak saat anak beranjak dewasa,” katanya. 

2. Terapkan pola asuh responsif

Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagikan Tip untuk Tingkatkan Pola AsuhIlustrasi anak-anak (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ia juga mengatakan dalam pola asuh responsif, orang tua diharapkan memaksimalkan anak untuk berkembang sesuai potensi terbaiknya.

"Orang tua sebaiknya tidak memaksakan kehendak atau bersikap otoriter, maupun terlalu cuek,” jelas dr. Citra.

3. Respons langsung dan perhatian orang tua terhadap anak juga sangat penting

Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagikan Tip untuk Tingkatkan Pola AsuhIlustrasi. (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Hal lainnya adalah merespons langsung dan perhatian orang tua terhadap anak juga sangat penting. Saat anak mengajak berbicara atau bertanya, misalnya, jawablah dengan bahasa yang mudah dipahami dan berikan kesempatan agar anak merespon kembali.

"Jika anak masih bayi, perhatikan tatapan mata dan ocehan yang juga merupakan bentuk komunikasi anak kepada orang tuanya,” ujarnya.

Baca Juga: Wagub Sumut Minta Pembangunan Tol Kisaran-Dumai Dipercepat

4. Dampingi anak saat hadapi masalah

Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagikan Tip untuk Tingkatkan Pola AsuhIlustrasi anak-anak (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Lalu, hal yang tak kalah penting adalah pendampingan orang tua saat anak hadapi masalah.

"Dampingi anak ketika stres menghadapi masalah sambil membimbing mereka dengan brainstorming berbagai ide untuk memecahkan masalahnya. Pengalaman berharga ini dapat membangun kepercayaan diri dan kemampuan problem solving sesuai usia sejak dini,” saran dr. Citra.

5. Ajarkan disiplin sejak dini

Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagikan Tip untuk Tingkatkan Pola Asuhpixabay

Mengajarkan disiplin pada anak sejak dini merupakan hal yang penting. Anak butuh rutinitas yang teratur karena hal ini penting dalam membentuk kebiasaan baik sehingga menimbulkan perasaan aman dan nyaman bagi anak.

"Orang tua dapat menerapkan jadwal yang teratur dan konsisten untuk tidur, makan hingga bermain sesuai dengan kebutuhan yang berbeda tiap usia,” jelas dr. Citra.

6. Pastikan asupan anak berimbang

Hari Anak Nasional, Tokopedia Bagikan Tip untuk Tingkatkan Pola AsuhIlustrasi Posisi Nyaman (https://www.pexels.com/id-id/@yankrukov)

Kemudian, pastikan asupan anak berimbang. Pola asah, asih dan asuh juga meliputi asupan nutrisi yang baik sejak lahir. Berikan ASI dan MPASI yang bergizi dan adekuat untuk menunjang tumbuh kembang anak.

"Pastikan orang tua memberikan berbagai variasi makanan bergizi lengkap yang terdiri dari protein, karbohidrat, serat dan lemak dalam jumlah dan proporsi yang disesuaikan dengan usia,” tambah dr. Citra.

Baca Juga: Edy Boyong Investor ke Dairi, Bakal Bangun Pabrik Minyak Serai Wangi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya