Gubernur Edy Dorong Mahasiswa Berwirausaha Setelah Lulus

Edy sebut dunia kerja tidak sebanding dengan jumlah sarjana

Medan, IDN Times- Gubernur Sumatra Utara (Sumut), Edy Rahmayadi meminta kepada seluruh mahasiswa untuk menanamkan pemikiran berwirausaha setelah lulus kuliah. Mahasiswa harus memiliki pemikiran yang imajinatif dan kreatif dalam membangun usaha dan menciptakan lapangan kerja.

Hal ini disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat menghadiri acara wisuda Pascasarjana, Diploma, Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), di Gedung Selecta Convention Hall, Jalan Listrik Nomor 2 Medan, Rabu (21/6/2023).

"Selamat kepada para mahasiswa yang diwisuda, anda memasuki tahap selanjutnya dalam kehidupan ini. Saya berharap para mahasiswa untuk mengubah pola pikir kita ke depan, yakni memberikan pekerjaan, dan bukan mencari pekerjaan," ucap Edy Rahmayadi.

1. Dunia kerja tidak sebanding dengan jumlah sarjana

Gubernur Edy Dorong Mahasiswa Berwirausaha Setelah LulusGubernur Edy Rahmayadi saat menghadiri acara wisuda Pascasarjana, Diploma, Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), di Gedung Selecta Convention Hall, Jalan Listrik Nomor 2 Medan, Rabu (21/6/2023). (Istimewa/IDN Times)

Menurut Edy, dunia kerja tidak sebanding dengan jumlah sarjana yang dilahirkan setiap tahun. Hal tersebut dikarenakan setiap tahunnya banyak mahasiswa yang diwisuda. "Bila sarjana membuka usaha dan menerima pekerja, tentunya ini sangat membantu pemerintah," katanya.

Dikatakan Edy, terdapat 217 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, yang setiap tahun mewisuda para sarjana di Sumatra Utara. Ini menjadi tanggung jawab pemerintah untuk memberikan pekerjaan pada sarjana ini.

Baca Juga: 3.388 Peserta Jalur SNBT 2023 Lulus Masuk Universitas Sumatra Utara

2. Edy meminta para sarjana untuk dapat berkreativitas menciptakan lapangan kerja

Gubernur Edy Dorong Mahasiswa Berwirausaha Setelah Luluspexels.com/fotografierende

Oleh karena itu, Edy meminta para sarjana untuk dapat berkreativitas dalam menciptakan lapangan pekerjaan, yang pastinya akan membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran di Sumut.

"Terakhir saya saya menitip pesan pada wisudawan, untuk memegang teguh kejujuran dalam setiap kehidupan, baik di dunia usaha dan juga bekerja serta lainnya," ujarnya.

3. Mahasiswa diingatkan untuk tidak berhenti belajar

Gubernur Edy Dorong Mahasiswa Berwirausaha Setelah LulusPixabay.com/StartupStockPhotos

Sementara itu, Rektor UNPAB, Muhammad Isa mengatakan pihaknya setiap tahun melaksanakan tiga kali acara wisuda. Kurang lebih seribuan sarjana yang diwisuda dalam satu kali acara. Ia berpesan, bahwa perjuangan ke depan akan lebih berat dan jangan berhenti belajar. 

"Tanggung jawab kita sebagai kampus saat ini bagaimana para mahasiswa usai lulus dapat bekerja dan saat ini sudah 30 persen yang sudah dipinang oleh perusahan, baik dalam dan juga luar negeri untuk bekerja," katanya.

Baca Juga: Pembegal yang Menewaskan Mahasiswa UMSU Ditangkap, Kakinya Ditembak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya