Dukung F1 Powerboat, Bandara Silangit Bebaskan Visa Tamu Luar Negeri

Mobile Unit BCM akan digunakan di TPI Bandara Silangit

Medan, IDN Times- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Sumatra Utara melalui Divisi Keimigrasian akan turut serta mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan kejuaraan dunia F1 Powerboat atau F1H20 yang digelar 24-26 Februari 2023.

Divisi Keimigrasian akan memaksimalkan dukungan dalam pembukaan kembali pelayanan keimigrasian di tempat pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Udara Internasional Silangit.

1. Mobile Unit BCM disediakan untuk antisipasi kedatangan pengunjung Internasional

Dukung F1 Powerboat, Bandara Silangit Bebaskan Visa Tamu Luar NegeriShaun Torrent dari Abu Dhabi Team. (f1h2o.com)

Maka dari itu, untuk menyukseskan acara internasional F1H20 tersebut Kepala Divisi Keimigrasian, Ignatius Purwanto, beserta tim melakukan koordinasi dengan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Agato Simamora, di Jakarta.

Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Agato Simamora, mengatakan untuk melancarkan pelaksanaan pelayanan keimigrasian yang dibuka kembali pada Bandar Udara Internasional Silangit tersebut, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar akan mendapatkan bantuan pinjam pakai Mobile Unit Border Control Management (BCM) dari Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian.

"Mobile Unit BCM ini akan digunakan di TPI Bandar Udara Internasional Silangit untuk mengantisipasi kedatangan pesawat rute internasional," kata Agato dalam keterangan disitus resmi Kemenkumham, Jumat (17/2/2023). 

Baca Juga: AirAsia Akan Buka Rute Penerbangan Jakarta - Silangit

2. TPI Bandara Silangit akan bebas visa kunjungan saat kedatangan

Dukung F1 Powerboat, Bandara Silangit Bebaskan Visa Tamu Luar Negeribalap perahu motor F1(instagram.com/f1powerboat)

Adapun konfigurasi sistem BCM akan dilaksanakan pada TPI Bandar Udara Internasional Silangit dengan dibantu oleh Pegawai Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian.

"TPI Bandar Udara Internasional Silangit akan didaftarkan sebagai TPI Bebas Visa Kunjungan saat kedatangan, Bebas Visa Kedatangan Elektronik (Electronic Visa on Arrival/ e-VoA), dan Bebas Visa Kunjungan untuk mendukung pariwisata," ujarnya.

3. Sebanyak 25.000 wisatawan ditargetkan datang ke event F1H20

Dukung F1 Powerboat, Bandara Silangit Bebaskan Visa Tamu Luar NegeriIlustrasi F1H20. (f1h2o.com/Vittorio Ubertone)

Dilansir dari Kemenparekraf.go.id, event ini digelar secara perdana di Indonesia. F1 Powerboat Lake Toba diikuti belasan pembalap dari beberapa negara di dunia. Di antaranya Inggris, Ukraina, Arab Saudi, China, Portugas, Brasil, Perancis, Korea Selatan, dan Qatar.

Ajang ini akan menjadi daya tarik cukup unik bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. Sebagai event tahunan yang rutin diselenggarakan secara berkala. Ditargetkan ajang F1 Powerboat Lake Toba bisa mendatangkan 25 ribu wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Baca Juga: Profil Shaun Torrente, Juara Dunia F1 Powerboat yang Turun di Toba

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya