Cegah HIV, Narapidana di Medan Dilatih Jadi Kader Kesehatan

Pelatihan diikuti dua puluh warga binaan Lapas Kelas I Medan

Medan, IDN Times- Sebanyak dua puluh warga binaan atau narapidana Lapas Kelas I Medan dilatih menjadi kader kesehatan. Nantinya, mereka akan dibina dan diseleksi agar menjadi agen kesehatan di Lapas Kelas I Medan. 

"Kegiatan ini sebagai tonggak awal sebelum mereka benar-benar diterjunkan untuk membantu tim kesehatan Lapas yang terletak di Jalan Lembaga Pemasyarakatan," kata Kepala Bidang Pembinaan, Peristiwa Sembiring, Sabtu (21/2023). 

1. Perpanjangan tangan paramedis dalam peningkatan layanan kesehatan

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Layanan Kesehatan di Lapas Kelas I Medan, setelah dilaksanakan pelatihan kepada kader diharapkan bisa menjadi perpanjangan tangan paramedis dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

"Kegiatan ini sebagai menindaklanjuti Surat Edaran dari DitjenPas Nomor PAS.6-PK.06.06-657, tentang dukungan pengendalian HIV-AIDS Bagi Tahanan dan warga binaan pemasyarakatan," kata Peristiwa. 

Baca Juga: Satu Lagi Buron Terpidana Korupsi Pembangunan Jalan Porsea Ditangkap

2. Pelayanan kesehatan ini dapat dioptimalkan warga binaan

Cegah HIV, Narapidana di Medan Dilatih Jadi Kader KesehatanWarga binaan Lapas Kelas I Medan dilatih menjadi kader kesehatan.

Peristiwa dalam keterangannya menyampaikan kegiatan ini menjadi pelayanan kesehatan yang dapat dioptimalkan bagi setiap Warga Binaan Pemasyarakatan, sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan materi HIV-AIDS, TBC, Sabies, oleh tim Puskesmas Helvetia Medan. Lapas Kelas I Medan bekerja sama dengan Puskesmas Helvetia Medan melaksanakan pelatihan dan penguatan bagi kader kesehatan yang berasal dari warga binaan.

3. Puskesmas aktif sosialisasi penyakit infeksi menular seksual

Cegah HIV, Narapidana di Medan Dilatih Jadi Kader Kesehatanilustrasi pita HIV (freepik.com/jcomp)

Pihak Puskesmas Medan Helvetia, menyampaikan bahwa puskesmas aktif dalam melakukan pencegahan dan sosialisasi terkait penyakit infeksi menular seksual.

"Kegiatan ini menjadi perpanjang tangan kami dalam bidang kesehatan, untuk mengingatkan kawan-kawan yang ada di dalam, untuk HIV/AIDS dan pencegahan nya, semangat kita bersama untuk mewujudkan bidang kesehatan lebih baik,” ujar Kepala Puskesmas.

Baca Juga: Pelaku Korupsi Instalasi Listrik UIN Sumut Diserahkan ke Kejari Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya