Comscore Tracker

BIH Kutagadung Dapat Penghargaan di Jambore Hortikultura 2022

BIH Kutagadung produksi lima komoditas unggulan

Medan, IDN Times- Benih Induk Hortikultura (BIH) Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo, Sumatra Utara Kutagadung mendapat penghargaan di Jambore Hortikultura 2022. BIH Kutagadung menyabet predikat terbaik III kinerja BIH tingkat nasional dari pihak Kementerian Pertanian (Kementan).

Plt Kadis TPH Sumut, Lusyantini menyebutkan lima komoditas holtikultura unggulan yang diproduksi adalah kentang, jeruk siam madu, wortel Gundaling, kacang arcis varietas Berastagi dan bawang merah dataran tinggi.

“Lima komoditas hortikultura unggulan yang diproduksi BIH Kutagadung menjadi bukti bahwa inovasi menjadi syarat mutlak untuk meraih prestasi,” katanya, Senin (5/12/2022).

1. BIH memproduksi benih kentang dan jeruk siam madu

BIH Kutagadung Dapat Penghargaan di Jambore Hortikultura 2022Ilustrasi buah jeruk. ANTARA FOTO/Saiful Bahri

Khusus kentang, pihak BIH memproduksi benih mulai dari laboratorium hingga benih sebar G2. Begitu juga jeruk siam madu, ada pohon induk untuk persediaan entres serta empat unit screen BF dan BPMT jeruk.

“Jadi kalau ada yang membutuhkan mata entres, silakan saja datang ke BIH Kutagadung,” ujar Lusyantini.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel Favorit di Berastagi, Liburan Makin Asyik

2. BIH Kutagadung mendapat penghargaan di Jambore Hortikultura 2022

BIH Kutagadung Dapat Penghargaan di Jambore Hortikultura 2022Ilustrasi kentang (pexels.com/Nova Indah)

Sementara itu, Kepala Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Lambok Turnip menerima penghargaan menjelang penutupan perhelatan Jambore Hortikultura 2022 di Margo Hotel Depok, Minggu, 4 Desember 2022 malam.

"Penghargaan tersebut untuk seluruh pegawai, staf dan pimpinan di jajaran Dinas TPH Sumatra Utara,” ujarnya. 

3. Terdapat tiga kebun dengan lahan subur yang mendukung keberadaan BIH Kutagadung

BIH Kutagadung Dapat Penghargaan di Jambore Hortikultura 2022IDN Times/Daruwaskita

Secara terpisah, Plh Kepala UPT BIH Kutagadung, Unedo Koko Nababan, mengapresiasi prestasi yang telah diraih tersebut. Menurutnya, pencapaian tersebut telah melalui proses yang panjang dan penuh dinamika. “Minimal, kita berupaya untuk mempertahankan pencapaian itu,” tambahnya

Adanya pencapaian tersebut, Unedo mengaku optimistis mampu melanjutkan prestasi lainnya, melihat potensi alam yang dimiliki BIH Kutagadung. Hal ini mengingat, terdapat tiga kebun dengan lahan subur yang mendukung keberadaan BIH Kutagadung.

Tiga kebun itu, yakni Kebun Induk Kutagadung di Desa Raya, Kabupaten Karo seluas 7,9 hektare, Unit Simarjarunjung kawasan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, seluas 8 hektare dan Unit Buluh Pancur, Kabupaten Karo seluas 9,8 Hektare.

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Sumut Capai 11.454 Kunjungan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya