Comscore Tracker

15 Desainer Muda di-Sumut Dilatih Desain Fashion

Nantinya ilmu yang didapat agar ditularkan ke daerah

Medan, IDN Times- Pelatihan Desain Fashion kabupaten/kota se-Sumut berlangsung selama empat hari di Aula Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumut. Sebanyak 15 orang peserta yang mengikuti kegiatan di kelas ini. 

Sekretaris Dekranasda Sumut, Asnah Lely Siregar mengatakan, peserta pelatihan yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari kabupaten/kota se-Sumut, mereka mengikuti kegiatan mulai 28 Juni hingga 1 Juli 2022.

"Kita berharap ilmu yang didapat bisa ditularkan ke daerah masing-masing, berbagi kepada rekan-rekan yang belum ikut pelatihan," katanya, di Aula Kantor Dekranasda Sumut, Selasa (28/6/2022). 

1. Dorong para desainer muda untuk terus melakukan inovasi dan kreatif

15 Desainer Muda di-Sumut Dilatih Desain FashionKetua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membuka Pelatihan Desain Fashion di Kantor Dekranasda Sumut Jalan Iskandar Muda Nomor 272 Medan, Selasa (28/6).

Ketua Dekranasda Provinsi Sumatra Utara, Nawal Lubis mendorong para desainer muda untuk terus melakukan inovasi, kreatif dan mampu menggali ide-ide dunia fashion. Sehingga menjadi pengusaha fashion yang memiliki daya saing dan merambah pasar internasional.

Ditambahkannya, dengan kreativitas dan inovasi di dunia fashion akan menghasilkan produk dengan tampilan menarik, sesuai selera pasar dan pastinya akan menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi.

"Wastra Sumut begitu banyak. Wastra bukan sekadar kain, bukan sekadar pakaian yang dikenakan, tetapi didalamnya terdapat simbol dengan ide dan kreativitas para desainer. Diyakini bisa bersaing, tidak saja pasar lokal tetapi hingga pasar internasional," ujar Nawal.

Baca Juga: Cerita Minum Kopi Lintong di Paris, Edy: Saya Heran Kok dari Thailand

2. Kegiatan ini sejalan dengan salah satu misi Dekranasda Sumut

15 Desainer Muda di-Sumut Dilatih Desain FashionKetua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membuka Pelatihan Desain Fashion di Kantor Dekranasda Sumut Jalan Iskandar Muda Nomor 272 Medan, Selasa (28/6).

Nawal menyebutkan, salah satu misi Dekranasda Sumut untuk mempersiapkan pengrajin yang unggul dapat menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi dan budaya. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberi peluang bangkitnya sektor ekonomi bagi pelaku UKM di Sumut.

Ia berharap pelatihan ini membawa dampak positif dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan mendesain dengan ciri khas masing-masing. Namun tetap menjaga warisan tradisi budaya Sumut.

3. Pelatihan ini dimulai dengan membuat pola, pemilihan kombinasi jenis warna dan motif

15 Desainer Muda di-Sumut Dilatih Desain Fashionilustrasi gunting dan benang jahit (pexels.com/Pixabay)

Sementara instruktur asal Kota Medan Yenti Lim mengatakan, pelatihan ini dimulai dengan membuat pola, pemilihan kombinasi jenis warna dan motif. Tujuannya untuk menarik pecinta fashion agar tampil lebih modis.

Salah seorang peserta, Julia, asal Deliserdang mengucapkan terima kasih kepada Dekranasda Sumut yang telah melaksanakan pelatihan ini sehingga menambah keterampilan dan pengetahuan. 

Baca Juga: Fenomena Thrift Shop, Bisnis Fashion Bekas yang Kini Naik Kelas

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya