Sumut Dapat Bantuan 5 Ribu Masker dari Konjen Tiongkok

Bentuk kerjasama penanganan wabah COVID-19

Medan, IDN Times – Sebanyak 5.000 unit masker telah diterima oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dari Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat China di Medan, yaitu Qiu Wei Wei pada Jumat (10/4) di Pendopo Rumah Dinas Gubenur Sumut.

Pemberian masker tersebut merupakan suatu bentuk bantuan, untuk dapat membantu percepatan dalam penangangan COVID-19 di wilayah Sumut.

Mewakili Pemprov Sumut, ribuan masker diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina, selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penangangan COVID-19 Sumut.

1. Pembagian masker, sebagai bentuk kerja sama dan kepedulian untuk masyarakat

Sumut Dapat Bantuan 5 Ribu Masker dari Konjen TiongkokIlustrasi makeup mata menggunakan masker. 9 April 2020. IDN Times/Tyas Hanina

Menurut Sabrina bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan kerja sama rakyat dan Pemerintah Tiongkok atau China pada Sumut dalam menanggulangi COVID-19.

“Kita mengucapkan terima kasih pada rakyat dan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok. Kita melihat suatu bentuk kerja sama negara ini merupakan kerja sama yang baik dalam hal kemanusiaan, tidak hanya di bidang ekonomi," katanya.

Baca Juga: [UPDATE] Positif COVID-19 Sumut 89 Orang, PDP 151 Orang

2. Konjen RRC berharap dapat jalin komunikasi baik antar kedua pemerintah untuk atasi COVID-19

Sumut Dapat Bantuan 5 Ribu Masker dari Konjen TiongkokDok. IDN Times/Istimewa

Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan Qiu Wei Wei menjelaskan, dengan adanya optimis Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Provinsi Sumut, maka dapat mengatasi wabah COVID-19.

Dirinya berharap dapat terjalinnya komunikasi yang baik antar kedua pemerintah agar dapat bersama-sama menghadapi COVID-19.

"Kami yakin Pemerintah Indonesia bisa, khususnya Sumut dapat mengatasi ini. Saya harap kita terus berkomunikasi ke depannya. Kita akan bersama-sama menghadapi COVID-19 karena saya juga tinggal di Medan," kata Qiu Wei Wei.

3. Pemerintah Tiongkok bagi buku, isi buku pengalaman Pemerintah cina dalam menghadapi wabah COVID-19

Sumut Dapat Bantuan 5 Ribu Masker dari Konjen TiongkokPexels/Christina Morillo

Menurutnya, pada tanggal 28 Maret 2020, Presiden Jokowi sudah berkomunikasi dengan Presiden China Xi Jinping. Dalam komunikasi tersebut Xi Jinping mengucapkan rasa simpati dan yakin bahwa negara Indonesia mampu mengatasi wabah tersebut.

Qiu Wei Wei juga menjelaskan Pemerintah China telah membagikan buku pada Pemerintah Indonesia.

Pembagian buku tersebut berisi pengalaman Pemerintah China dalam menghadapi wabah COVID-19 kepada Pemerintah Indonesia.

4. Donasi yang sudah terkumpul oleh tim Gugus Tugas Sumut sebesar Rp371 Juta

Sumut Dapat Bantuan 5 Ribu Masker dari Konjen TiongkokPetugas kelurahan dan gugus tugas menurunkan ratusan rak telor gartis di kelurahan Penajam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dalam mempercepat penanganan pandemi COVID-19, maka Gugus Tugas membuka rekening donasi Sumut Peduli COVID-19 melalui rekening Bank Sumut dengan nomor rekening 10001027777777.

Selanjutnya, donasi yang masuk ke rekening tersebut akan digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan penanganan COVID-19 di Sumut. Tercatat hingga saat ini (10/4), total donasi yang telah dikumpulkan sebesar Rp 371 juta.

Donasi tersebut telah diberikan oleh berbagai instansi pemerintahan, pihak swasta, asing, para tokoh masyarakat dan masyarakat secara umum. Salah satunya dari Haji Anif Shah yang merupakan tokoh masyarakat Sumatera Utara yang menyumbang dana Rp100 juta ke rekening Sumut Peduli COVID-19.

“Seluruh donasi yang telah terkumpul akan digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan penanganan Covid-19 di Sumut. Kepada para donatur, yang telah mendonasikan uangnya kami ucapkan terima kasih,” ucap Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Whiko Irwan

Baca Juga: Hikmah Lockdown Wuhan Berakhir, Ekspor Jankos Sumut Kembali Berdenyut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya