Stok Vaksin di Sumut Menipis, Satgas COVID-19: Normal Bulan Agustus

Warga yang vaksin tahap 2 baru mencapai 9,7 persen

Medan, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI, Ganip Warsito menyikapi pasokan vaksin menipis dimiliki Provinsi Sumut.

"Terkait Vaksin, pemerintah sudah memberikan alokasi vaksin ini kepada provinsi-provinsi, bahkan kabupaten/kota," sebut Ganip kepada wartawan di rumah dinas Gubernur Sumut di Kota Medan, Jumat (6/8/2021).

Di samping itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan dalam waktu dekat, akan melakukan pendistribusian dosis vaksin COVID-19 ke masing-masing Provinsi di tanah air ini.

Ganip, sekaligus Kepala Satgas COVID-19 juga menjelaskan untuk pengadaan vaksin ini terus menerus, Pemerintah menjamin ketersediaannya hingga dilakukan pendistribusian ke masing-masing daerah.

"Bahkan Presiden menyatakan tidak ada satupun daerah yang menstok vaksin. Artinya vaksin yang diterima, agar di berikan langsung kepada masyarakat. Daerah pun sudah melakukan hal itu. Untuk menyiapkan vaksinator, tim administrasinya, sampai dengan tempat vaksinasi," jelas Ganip.

1. Ganip pastikan pasokan vaksin akan kembali normal bulan ini

Stok Vaksin di Sumut Menipis, Satgas COVID-19: Normal Bulan AgustusIlustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Ganip memastikan pasokan vaksin COVID-19 akan kembali normal pada bulan Agustus 2021. Dengan dilakukan pendistribusian secara bertahap dan sesuai dengan kebutuhan.

"Memang diakhir Juli ada sedikit penurunan stok. Tapi, di bulan Agustus ini dijamin stok vaksin akan bisa mengalir (normal)," sebut Jenderal TNI bintang tiga itu.

Dirinya menjelaskan untuk metode vaksin dilakukan kepada masyarkat sudah beragam. Mulai dari sentra vaksin yang sudah dibuka, dan serbuan vaksin yang dilakukan TNI/Polri dan elemen-elemen masyarakat.

"Ini semua untuk mencapai target, sesuai dengan Inmendagri yang sudah dikeluarkan. Gubernur juga diberikan kewenangan, untuk mengubah alokasi apabila dibutuhkan percepatan," kata Ganip.

Baca Juga: 5 Alasan Utamasia Cocok Jadi Tempat Latihan Sepakbola Anak-anak

2. Persentasi vaksinasi di Sumut masih relatif rendah

Stok Vaksin di Sumut Menipis, Satgas COVID-19: Normal Bulan AgustusIlustrasi vaksin (Dok. ANTARA FOTO)

Sementara itu, berdasarkan data untuk capaian vaksinasi di Sumatra Utara saat ini masih relatif rendah.

Hal ini terbukti dari data laman vaksin.kemkes.go.id yang menunjukkan bahwa, capaian vaksinasi dosis pertama baru mencapai diangka 16,77 persen atau 1.915.441 orang.

Sedangkan untuk dosis kedua, mencapai 9,7 persen atau 1.107.093 orang dari target 11.419.559 orang.

3. Jumlah kasus di Sumut 2.045 orang dan sembuh 1.005 orang

Stok Vaksin di Sumut Menipis, Satgas COVID-19: Normal Bulan AgustusIlustrasi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Sementara, untuk angka kasus di wilayah Sumut per tanggal 6 Agustus 2021 mencapai hingga 2.045 jiwa yang terpapar COVID-19, dan jumlah kasus sembuh 1.005 orang. Sedangkan yang meninggal dunia 24 orang.

Jika diamati dari 34 Provinsi di Indonesia secara keseluruhan jumlah kasus mencapai 39.532, tingkat kesembuhan 48.832 dan meninggal 1.635 orang.

Keseluruhan data ini didapat dari sumber Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga: Tanpa Satgas, Keluarga Harus Makamkan Sendiri Pasien COVID-19 di Aceh

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya