Comscore Tracker

Merdeka Walk Sudah Kosong, Pekerja Minta Kejelasan Manajemen dan Pemko

Sudah belasan tahun bekerja di Merdeka Walk

Medan, IDN Times - Sudah 17 tahun lamanya Merdeka Walk (MW) menjadi salah satu pusat jajanan kuliner kota Medan. Apalagi letaknya di kawasan titik nol kota Medan.

Namun sejak 20 Juni 2022, tempat ini ditutup Pemerintah Kota Medan dan rencananya akan dipindahkan. Ini sebagai dampak dari revitalisasi Lapangan Merdeka untuk dikembalikan fungsinya sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

Keputusan ini tentunya berdampak pada ratusan karyawan yang mencari nafkah di MW. Mereka menunggu kejelasan dari manajemen dan Pemerintah Kota Medan soal nasib mereka.

1. Gerai terlihat kosong sejak Selasa (20/6/2022)

Merdeka Walk Sudah Kosong, Pekerja Minta Kejelasan Manajemen dan PemkoSuasana Merdeka Walk/MW ditutup (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selama berdiri, tempat ini menjadi kunjungan utama wisatawan lokal hingga mancanegara untuk menikmati makanan khas Kota Medan. Apalagi letaknya sangat strategis.

Sejak hari Selasa (21/6/2022) lalu, MW sudah tak lagi beroperasi seperti biasa. Semua gerai terlihat sudah mengosongkan barang-barangnya sesuai dengan instruksi Pemko Medan.

Baca Juga: Awal Juli Lapangan Merdeka Direvitalisasi, Butuh Rp400 Miliar

2. Terlihat seluruh gerai tertutup tanpa perabot

Merdeka Walk Sudah Kosong, Pekerja Minta Kejelasan Manajemen dan PemkoSuasana Merdeka Walk/MW ditutup (IDN Times/Indah Permata Sari)

Pantauan IDN Times,  Rabu (22/6/2022) terlihat seluruh gerai sudah menutup dan mengambil seluruh perabot serta material. Seperti bangku dan meja telah tersusun rapi. Hal ini untuk mempercepat pengosongan tempat.

Salah seorang pekerja bernama Bagas mengaku bingung soal nasibnya kini. Ia masih menanti kepastian dari manajemen dan Pemerintah Kota Medan. 

"Untuk sementara ini belum ada, karena memang kan belum ada kejelasan dari pihak pemerintahnya. Dari pihak manajemennya juga belum ada kejelasan. Sebenarnya pun, gak tau mau ke mana. Sementara ya cari-cari kerja dululah," kata Bagas.

Bagas meminta Pemerintah Kota Medan memberikan solusi dan langkah konkrit. "Saya bekerja di sini sudah sebelas tahun. Kadi untuk Pemerintah Kota Medan kami berharap maunya ada kejelasan buat karyawan yang kayak-kayak kami ini. Mau bagaimana pun juga yang sudah lama bekerja di sini. Masa gak ada kejelasan mau ke mana nasib kami habis ini," jelasnya.

3. Sebelumnnya Wali Kota Bobby Nasution menyebut akan memindahkan Merdeka Walk ke Taman Lili Suheri

Merdeka Walk Sudah Kosong, Pekerja Minta Kejelasan Manajemen dan PemkoSuasana Merdeka Walk/MW ditutup (IDN Times/Indah Permata Sari)

Pemerintah Kota Medan sudah menyiapkan Taman Lili Suheri, di Jalan Listrik atau Palang Merah sebagai tempat relokasi. 

Hal itu disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Menurutnya Taman Lili Suheri cukup luas untuk tempat relokasi.

"Ada sekitar 4.000 meter di Taman Lili Suheri, dan rekan-rekan pengelola tenant sementara waktu bisa memanfaatkannya," kata Bobby, 3 Juni 2022 lalu.

Proyek revitalisasi Lapangan Merdeka Medan rencananya dimulai awal Juli. Peletakan batu pertama yang rencananya dilakukan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pada 29 Juni 2022 harus diundur.

Baca Juga: Gerai-gerai di Merdeka Walk akan Dipindahkan ke Taman Lili Suheri

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya