Mengintip Persiapan Vihara Maitreya, Diprediksi Dipadati Ribuan Jemaat

Tak seperti tahun lalu, kini lampion kembali bergantungan

Medan, IDN Times - Vihara Maitreya yang berada di Komplek Cemara Asri Boulevard Raya Medan akan menyambut Tahun Baru Imlek 2574 dengan penuh suka cita pasca pencabutan pembatasan Pandemi COVID-19.

Persiapan ini juga diakui telah dilakukan sejak sebulan yang lalu, para pengurus telah membersihkan vihara, melengkapi sarana ibadah, juga menghias dan mempercantik rumah ibadah seperti pemasangan lampion.

Ribuan jemaat diprediksi akan memenuhi vihara untuk melaksanan ibadah penuh khidmat dan nyaman.

Terpantau di H-8, vihara ini terlihat telah dihiasi lampion warna warni dan juga fasilitas protokol kesehatan, pada Jumat (12/1/2023).

Baca Juga: Viral! Video Mesum Diduga Diperankan Kepala Sekolah di Tapteng Beredar

1. Jelang tahun baru Imlek 2574, Vihara Maitreya miliki sejumlah persiapan dekorasi

Mengintip Persiapan Vihara Maitreya, Diprediksi Dipadati Ribuan JemaatSuasana persiapan jelang Imlek di Vihara Maitreya Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Seorang pengurus Vihara Maitreya, Dicky menjelaskan bahwa menjelang tahun baru Imlek ini memiliki sejumlah persiapan yang berbeda dengan tahun yang sebelumnya yakni dekorasi.

Untuk dekorasi vihara maitreya yang dipasang tampak ada gapura, dan seribuan lampion.

2. Tahun ini diberi tema yaitu doa untuk perdamaian dunia

Mengintip Persiapan Vihara Maitreya, Diprediksi Dipadati Ribuan JemaatDicky pengurus Vihara Maitreya di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dirinya mengatakan bahwa khusus di tahun baru Imlek ini diberi tema yakni doa untuk perdamaian dunia, hal ini mengingat sudah 3 tahun terkena pandemik COVID sehingga mengajak umat untuk datang beribadah mendoakan agar adanya perdamaian dunia.

“Bisa dibilang 3 tahun itu vakum karena memang pandemik, jadi kita ajak untuk datang kembali lagi beribadah dan berdoa untuk perdamaian dunia,” ujarnya.

Arti dari perdamaian yang dimaksud adalah untuk mengingat adanya pandemik yang hampir seluruh dunia mengalami dampak tersebut, sehingga dengan begitu bisa mendoakan pertumbuhan ekonomi agar di tahun 2023 lebih baik lagi.

3. Tidak ada pembatasan kuota untuk pengunjung yang ingin beribadah

Mengintip Persiapan Vihara Maitreya, Diprediksi Dipadati Ribuan JemaatSuasana menjelang tahun baru Imlek di Vihara Maitreya Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Tahun ini diakui tidak ada pembatasan kuota untuk pengunjung umat yang ingin beribadah. Sebelumnya, tahun lalu dibatasi kuota para umat yang ingin beribadah di vihara maitreya.

“Mungkin pengunjung bisa sampai 10ribu orang dari hari pertama hingga hari ke-15 Imlek, jadi tahun ini mungkin berkisar 10ribu orang atau bisa lebih banyak lagi umat agama Buddha yang datang karena sudah vakum selama 3 tahun,” jelas Dicky.

Harapannya umat-umat Buddha bisa datang lagi untuk beribadah untuk berdoa secara ramai-ramai.

Selain dekorasi, lampion, dan gapura ada juga event cap gomeh serta pekan budaya Tionghoa untuk merayakan tahun baru Imlek.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Beda Cap Go Meh, Sa Cap Me, dan Ceng Beng

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya