Kisah Ismail, Balita yang Alami Bocor Usus dan Jantung karena Jamur 

Pemprov Sumut akui siap menanggung biaya pengobatannya

Medan, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Sumut) melakukan pengecekan kepada balita asal Langkat yang diduga mengalami gangguan kebocoran usus, jantung karena jamur pada lambung. Hal ini viral di sosial media.

Kunjungan tersebut dilakukan oleh Bidang Yankes Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinkes Provsu Dr.M. Emirsyah Harahap  ke kediaman Ismail di Jalan Masjid Kecamatan Medan Helvetia.

1. Kondisi Ismail terlihat masih aktif dan bisa bergerak serta bermain

Kisah Ismail, Balita yang Alami Bocor Usus dan Jantung karena Jamur Kondisi balita Ismail yang menagalami kebocoran usus (Dok. Istimewa)

Dalam kunjungan tersebut, Ismail ini masih terlihat aktif dan bisa bergerak serta bermain. Hanya saja berdasarkan pengakuan ibu kandungnya Nanda, bayi tersebut bermasalah di bagian Buang Air Besar (BAB).

"Anak saya usianya 2,5 tahun, berdasarkan diagnosa dokter yang pernah saya berobat ke Jakarta dana beberapa rumah sakit itu katanya ada jamur di perutnya," cerita Nanda.

Setiap mau Buang Air Besar (BAB), kotoran anaknya tersebut berwarna hitam dan selalu berbentuk cairan.

"Dari berobat berobat yang sudah kami lakukan kata dokter-dokternya ini penyakit langka. Kami harus bulak balik ke Jakarta berobat dari mana biayanya pak," jelasnya.

Baca Juga: 17 Jemaah Haji Kloter Terakhir Sumut Berangkat Gabung dengan Solo

2. Ismail alami sakit sejak usia 6 bulan

Kisah Ismail, Balita yang Alami Bocor Usus dan Jantung karena Jamur Kondisi balita Ismail yang menagalami kebocoran usus (Dok. Istimewa)

Diceritakan Nanda, anaknya sudah mengalami sakit sejak usia 6 bulan. Berawal dari anaknya mengalami BAB berdarah.

"Tapi pas berobat itu dikatakan alergi susu. Tapi setelah ganti susu tidak ada perubahan. Bahkan kalau lagi nangis itu badannya biru. Sampai sempat lemas juga dia," jelasnya.

Tiap bangun tidur, dikatakan Nanda anaknya mengalami panas di bagian perut. "Jadi tiap pagi itu tisu basah selalu saya tempelkan di perutnya," jelasnya.

Mendengar keluhan tersebut, Emirsyah mengatakan akan segera melakukan pengecekan kesehatan terhadap bayi.

"Kita akan membentuk tim untuk mengobati anak tersebut, karena ini juga tindakan cepat kita berdasarkan arahan Gubernur Sumut melalui Kepala Dinas Kesehatan," jelasnya.

Langkah selanjutnya, kata Emir pihaknya akan membawa anak tersebut ke Rumah Sakit Umum Haji milik Provinsi Sumut.

"Hari Senin, anak tersebut akan mulai dirawat di Rumah Sakit Haji Medan. Kita akan upayakan untuk menyembuhkan penyakitnya," tambahnya.

3. Pemprov Sumut akui siap menanggung semua biaya pengobatannya

Kisah Ismail, Balita yang Alami Bocor Usus dan Jantung karena Jamur Kondisi balita Ismail yang menagalami kebocoran usus (Dok. Istimewa)

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan yang dimintai keterangannya mengatakan, pihaknya siap menanggung semua biaya pengobatan bayi tersebut. Menurutnya ini sesuai perintah dan arahan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi.

"Kita upayakan bayi tersebut sehat sama seperti anak-anak lainnya. Semua biaya pengobatannya kita tanggung, karena ini sudah arahan dari pimpinan kita akan lakukan yang terbaik buat Ismail," tukasnya.

Dalam kesempata itu juga turut dikunjungi oleh Sejumlah anggota Forwakes Sumut guna melihat langsung kondisi balita itu.

Baca Juga: 2 Hari Dicari, Bocah 11 Tahun yang Hanyut di Langkat Ditemukan Tewas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya