Begal Marak di Medan, Bobby Lakukan Pembatasan Jam Malam

Diminta semua elemen untuk bersinergi dan berkolaborasi

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menanggapi kasus kejahatan di jalanan yang semakin marak. Diakuinya, bahwa saat ini kondisi kriminalitas jalanan di Medan sedang tidak baik-baik saja. Sehingga, diharapkan aparat kepolisian berani melakukan tindakan tegas, termasuk saat di lapangan. 

Hal ini dilakukan untuk mengatasi kerawanan begal, terutama pada malam dan dini hari. Bahkan membuat korban tidak hanya rugi materi namun juga nyawa.

“Tinggal tindakan tegas di lapangan ini kami terus berkomunikasi dengan Kapolrestabes Medan, Kapolres Belawan, dengan Dandim dan seluruh stakeholder untuk tegas menindak hal-hal yang perlu dilakukan,” ujar Bobby usai upacara peringatan HUT Ke -433 Medan di Stadion Teladan, Senin (3/6/2023).

1. Guna meminimalisir dilakukan penyekatan dan pembatasan jam malam

Begal Marak di Medan, Bobby Lakukan Pembatasan Jam MalamIlustrasi kejahatan jalanan.Pixabay

Bobby mengaku gerah dengan maraknya kejahatan jalanan seperti begal, yang terjadi. Padahal, pemerintah sudah melaukan pendekatan secara preventif ke semua sektor, mulai dari lingkungan, organisasi masyarakat, dan sekolah.

“Bukan hanya masyarakat, kita juga begah dan gerah dengan kondisi hari ini. Saya sudah sampaikan beberapa hari yang lalu, kondisi kita untuk kriminalitas tidak baik. Kami dari pemko sudah sampaikan baik preventifnya kita sudah lakukan bahkan dari hari ini, tapi dari jauh-jauh hari,” tegas Bobby.

Guna meminimalisir maraknya kasus konvoi dan kejahatan di jalanan, Pemko Medan bersinergi dengan Polrestasbes Medan, Polres Belawan, serta Kodim 0201/Medan melakukan penyekatan dan pembatasan jam malam.

“Jam malam nanti saya sampaikan kemarin, ini akan kita lakukan seperti penyekatan, pembatasan tapi bukan untuk masyarakat umum, tetapi pembatasan untuk beberapa kriteria bisa masuk ke kota Medan dari daerah-daerah rawan,” ucapnya.

Baca Juga: Rumah Pengusaha Papan Bunga Binjai Terbakar, Diduga Api Dilempar OTK 

2. Diminta semua elemen masyarakat untuk bersinergi dan berkolaborasi

Begal Marak di Medan, Bobby Lakukan Pembatasan Jam MalamWali Kota Medan, Bobby Nasution (Dok. Istimewa)

Termasuk pada momentum Hari Ulang tahun ke 433 ini, Bobby mengajak semua elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam menjaga kondusifitas di masyarakat. Hal ini guna menciptakan suasana nyaman dan lebih baik ke depan.

“Harapannya tentunya sesuai dengan tema kita bisa bergerak bersama, bergerak berkolaborasi untuk mencapai kota Medan yang lebih baik ke depannya,” ujarnya.

3. Sebelumnya 140 pelaku kejahatan jalanan baru saja ditangkap

Begal Marak di Medan, Bobby Lakukan Pembatasan Jam MalamPexels.com/Donald Tong

Sebelumnya Polrestabes Medan di-backup Polda Sumut mengamankan 140 pelaku kejahatan jalanan mulai dari begal, curat, curas, hingga curanmor. Jumlah tersebut diamankan dari 7 kasus yang terjadi selama Juni 2023.

Dari jumlah tersebut ada tiga kasus yang dinilai menonjol, salah satunya meninggalnya seorang mahasiswa UMSU bernama Insanul Anshori Hasibuan saat dibegal komplotan geng motor di Jalan Mustafa, Kecamatan Medan Timur pada 14 Juni silam.

Baca Juga: Pembegal yang Menewaskan Mahasiswa UMSU Ditangkap, Kakinya Ditembak

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya