Kapal Bukit Raya Jadi Tempat Isolasi Terapung, Bobby: Besok Beroperasi

Ada 485 tempat tidur untuk pasien COVID-19 gejala ringan

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau kesiapan Kapal Motor Bukit Raya sebagai fasilitas Isolasi Terpadu (Isoter) terapung di Dermaga Pelabuhan Belawan, Kamis (19/8/2021). Bobby menargetkan akan beroperasi pada esok hari.

Dengan beroperasinya KM Bukit Raya, maka saat ini Pemko Medan mengelola tiga fasilitas Isoter setelah sebelumnya Eks Hotel Soechi dan Gedung P4TK.

1. Ada 485 bed yang bisa dimanfaatkan oleh warga Medan terpapar COVID-19

Kapal Bukit Raya Jadi Tempat Isolasi Terapung, Bobby: Besok BeroperasiWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dan Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman tinjau isoter terapung di Belawan (Dok. Istimewa)

Saat Bobby Nasution meninjau KM Bukit Raya, tampak pekerja masih bekerja membenahi sejumlah ruangan yang nantinya akan dijadikan tempat warga yang terpapar COVID-19. Namun, dengan gejala ringan, atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Bobby mengatakan, ada 485 tempat tidur yang bisa dimanfaatkan oleh warga Medan untuk mempercepat pemulihan dari sakit, dan semua perawatan dan obat-obatan tak berbayar alias gratis.

2. Bobby pastikan isoter paling lama besok malam sudah bisa digunakan

Kapal Bukit Raya Jadi Tempat Isolasi Terapung, Bobby: Besok BeroperasiSuasana isoter terapung Belawan saat ditinjau oleh Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota Medan (Dok. Istimewa)

Lebih dari 30 menit Bobby berada di dalam KM Bukit Raya. Seluruh sudut ruangan dan fasilitas dilihat olehnya untuk benar-benar memastikan kesiapan KM yang mulai beroperasi pada 1994 tersebut.

"Seluruh Forkompinda terkait sudah berkolaborasi, insyaallah paling lama besok malam (20/8/2021) KM Bukit Raya sudah bisa digunakan masyarakat untuk isoter. Kami imbau warga yang Positif COVID-19 dengan gejala ringan dan OTG agar memanfaatkan fasilitas Isoter yang kami sediakan. Semua fasilitas gratis sampai sembuh," kata Bobby.

Baca Juga: Asrama Haji jadi Tempat Isolasi, Gubernur Edy: Tawaf Sambil Berjemur

3. Isoter terapung masih sama dengan isoter lain

Kapal Bukit Raya Jadi Tempat Isolasi Terapung, Bobby: Besok BeroperasiSuasana isoter terapung Belawan saat ditinjau oleh Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota Medan (Dok. Istimewa)

Menurutnya, isoter terapung ini masih sama dengan Isoter lain. Syaratnya terbuka bagi siapa saja warga Medan.

"Sekali lagi kami imbau, jika ada yang isoman di rumah kemudian ada yang rentan seperti lansia dan ibu hamil, agar datang ke Isoter saja. Gratis," lanjut Bobby.

4. Bobby akui telah berkoordinasi dengan Kapolres Belawan untik pastikan masyarakat isoman

Kapal Bukit Raya Jadi Tempat Isolasi Terapung, Bobby: Besok BeroperasiSuasana isoter terapung Belawan saat ditinjau oleh Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota Medan (Dok. Istimewa)

Untuk memastikan agar masyarakat yang isoman mau ke fasilitas Isoter, Bobby telah berkoordinasi dengan Kapolres Belawan. Bobby mengatakan ada sebanyak 50 Nakes yang ditugaskan. Setiap seratus pasien akan dirawat oleh empat dokter dan delapan perawat yang dikoordinir oleh Dinkes Medan dan RS Pirngadi Medan.

"Walau Isoter KM Bukit Raya ini di Medan Utara tapi tak menutup kemungkinan seluruh warga Medan boleh memanfaatkan fasilitas Isoter ini," pungkas Bobby.

5. Nantinya KM Bukit Raya akan bersandar di Dermaga Pelabuhan Belawan selama satu bulan ke depan

Kapal Bukit Raya Jadi Tempat Isolasi Terapung, Bobby: Besok BeroperasiSuasana isoter terapung Belawan saat ditinjau oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Dok. Istimewa)

Sementara itu, informasi dari O.M Sodikin selaku Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni, KM Bukit Raya akan sandar di Dermaga Pelabuhan Belawan selama satu bulan ke depan.

"Di Medan adalah Isoter terapung kedua yang beroperasi setelah sebelumnya di Makassar. Keseluruhan kami siapkan sembilan kapal untuk fasilitas Isoter," kata Sodikin.

Baca Juga: Asrama Haji Lokasi Isolasi Pasien COVID-19, 240 Tempat Tidur Tersedia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya