Bus Trans Metro Deli Sudah Setahun Gratis, Sopir Angkot di Medan Marah

Bobby janji surati Kemenhub soal pemberlakuan tarif

Medan, IDN Times -Bus Trans Metro Deli (TMD) sudah setahun beroperasi. Selama itu pula masyarakat bisa menikmati bus yang menghubungkan berbagai kecamatan itu secara gratis.

Namun ada efek negatifnya bagi sopir angkutan umum alias angkot. Mereka resah karena merasa pendapatan berkurang akibat kehadiran Bus TMD. Keresahan mereka semakin menjadi karena sebelumnya sudah terpukul kehadiran transportasi online. 

Mereka yang tergabung dalam Organda dan Kesper pun beramai-ramai mendatangi Balai Kota, Senin (21/2/2022). Para sopir menyampaikan protesnya ke Wali Kota Medan, Bobby Nasution. 

Mereka memarkirkan armadanya di depan Balai Kota hingga Paladium Plaza sejak pagi. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes karena Bus TMD yang telah beroperasi setahun lebih tidak mengenakan tarif.

1. Masyarakat lebih memilih bus TMD tanpa tarif daripada angkot

Bus Trans Metro Deli Sudah Setahun Gratis, Sopir Angkot di Medan MarahWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat menemui sopir angkot berdemo (Dok. Istimewa)

Aksi para sppir sempat memanas, sebab mereka menyetopi angkot yang melintas. Begitu angkot berhenti, penumpangnya dipaksa turun. Setelah itu, sang sopir diminta memarkirkan angkotnya dan ikut bersama mereka melakukan aksi. Namun suasana memanas ini hanya sesaat, sebab para sopir langsung menghentikannya setelah Bobby datang menemui.

“Kami bukan menolak kehadiran Bus TMD. Yang kami protes karena sudah setahun lebih beroperasi tapi sampai kini Bus TMD masih gratis. Kalau tadi Bus TMD sudah dikenakan tarif, nggak ada masalah bagi kami. Tentunya kami siap untuk bersaing, tapi kalau gratis terus bagaimana kami bisa bersaing,” ungkap salah seorang sopir.

Baca Juga: 19 Sekolah Ditutup karena COVID-19, Bobby Ingatkan Vaksinasi Anak

2. Bobby akui tarif untuk Bus TMD seharusnya sudah berlaku mulai awal tahun ini

Bus Trans Metro Deli Sudah Setahun Gratis, Sopir Angkot di Medan MarahWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat menemui supir angkot berdemo (Dok. Istimewa)

Didampingi Kadishub Kota Medan Iswar Lubis, Bobby menjelaskan, Bus TMD diberikan Kemenhub kepada Pemko Medan untuk melayani masyarakat. Oleh karenanya, apa yang menjadi keluhan para sopir akan disampaikan kepada Kemenhub. Bobby mengakui, sebelumnya Dishub Kota Medan telah menyampaikan surat kepada Kemenhub terkait keluhan para supir.

“Setelah ini saya akan surati langsung Kemenhub. Mudah-mudahan setelah kita surati akan ada tindak lanjut dari Kemenhub sehingga dilakukan rapat penetapan tarif. Sebenarnya, tarif untuk Bus TMD seharusnya sudah berlaku mulai awal tahun ini. Jika perlu dalam Minggu ini atau Minggu depan, Dishub atau saya langsung ke sana (Kemenhub) dan perwakilan dari supir juga ikut sehingga kita bisa sama-sama mendengarkan,” kata Bobby.

3. Bobby pesan agar tak melakukan tindakan anarkis terhadap sopir Bus TMD

Bus Trans Metro Deli Sudah Setahun Gratis, Sopir Angkot di Medan MarahWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat menemui sopir angkot berdemo (Dok. Istimewa)

Bobby berpesan kepada para sopir tidak meluapkan amarah mereka dengan melakukan tindakan anarkis terhadap sopir Bus TMD. Kemudian, para sopir diingatkan untuk mengikuti prokes dan mengikuti vaksinasi serta tidak terlibat narkoba.

Baca Juga: Harga Kedelai Naik, Pedagang di Medan Siasati Harga Jual Tahu-Tempe

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya