Underpass Gatot Subroto Medan Ditarget Rampung Satu Tahun

Proyek ini akan menghabiskan dana Rp200-an miliar

Medan, IDN Times - Proyek pembangunan underpass di jalan Gatot Subroto Medan akan direncakan rampung dalam setahun dengan menghabiskan dana sebesar Rp200-an miliar menggunakan APBN. Proyek ini diresmikan melalui Ground Breaking bersama Kementrian PUPR, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan, pada Selasa (31/10/2023).

Adapun yang ikut serta dalam proyek ini adalah Kementrian PUPR, PT Global Profex Synergy, PT Citra Diecona, PT Winsolusi Konsultan, dan WIKA-Andesmont, KSO.

1. Proyek ini merupakan usulan dari Pemerintah Kota Medan

Underpass Gatot Subroto Medan Ditarget Rampung Satu TahunGround Breaking proyek pembangunan Underpass Gatot Subroto Medan (Dok. Khairil Umri)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Medan memberikan usulan kepada Kementrian PUPR yang dilakukan oleh Wali Kota Medan untuk merealisasikan Underpass di Jalan Gatot Subroto, Kota Medan. Hal ini dikatakan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman saat kata sambutan pada acara Ground Breaking Proyek Pembangungan Underpass Gatot Subroto Medan, pada Selasa (31/10/2023).

“Kami Pemerintah Kota Medan berharap kepada seluruh masyarakat untuk mohon kesabarannya. Memang impek (dampak) pembangunan Underpass ini kita rasakan setahun kemacetan, tapi akan kita rasakan pertumbuhan ekonomi yang notabenenya kita bisa tahu dari Binjai ke Medan ini rutinitas weekend (akhir pekan),” ucap Aulia Rachman.

Usai meresmikan proyek overpass di Jalan Stasiun dan underpass di jalan HM Yamin, kali ini Pemerintah Kota Medan ikut serta meresmikan proyek pembangunan underpass yang berada di jalan Gatot Subroto Medan.

Momen weekend yang dimaksud dari rute adalah masyarakat Binjai belanja ke Kota Medan sebagai bentuk perputaran ekonomi yang bagus bagi warga Kota Medan.

2. Camat hingga Kepling diminta untuk mengedukasi warga

Underpass Gatot Subroto Medan Ditarget Rampung Satu TahunGround Breaking proyek pembangunan Underpass Gatot Subroto Medan (Dok. Khairil Umri)

Aulia Rachman meminta seluruh jajaran lingkungan Pemko Medan termasuk Camat, Lurah hingga Kepala Lingkungan untuk bisa mengedukasi atau mensosialisasikan ke masyarakat agar tidak terjadi pro dan kontra terhadap pengerjaan underpass tersebut.

Proyek pembangunan ini juga merupakan janji politik yang direncakan untuk segera dilaksanakan.

“Semua demi kebaikan masyarakat tanpa ada unsur apapun, karena Medan adalah kota metropolitan, Medan butuh pembangunan infrastruktur yang cepat dengan kualitas yang baik,” ungkap Wakil Wali Kota Medan.

Semoga dengan proyek pembangunan ini bisa bekerjasama membangun Kota akan berhasil dan dirasakan oleh masyarakat.

“Semoga Allah mudahkan dan lancarkan rencana pembangunan ini dan Allah sukseskan ini untuk kepentingan kita semua,” tutup Aulia Rachman.

Baca Juga: Ini Nama Komisioner KPU Kabupaten Kota di Sumut yang Baru Terpilih

3. Ditargetkan pengerjaan proyek underpass di jalan Gatot Subroto akan selesai selama setahun

Underpass Gatot Subroto Medan Ditarget Rampung Satu TahunGround Breaking proyek pembangunan Underpass Gatot Subroto Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Direktur Kementrian Pembangunan Jembatan Kementrian PUPR, Budi Herimawan Semihardjo menjelaskan bahwa selama pembangunan ini akan ada sistem penutupan sebelah jalan secara bergantian.

“Nantinya konsep pembangunan underpass ini akan berkoordinasi dengan petinggi di Sumut untuk membuat ornamen-ornamen dari daerah Sumut,” ungkapnya.

Ditargetkan pengerjaan proyek underpass jalan Gatot Subroto ini akan selesai selama 365 hari atau 12 bulan dengan ukuran panjang 750 meter yang menggunakan dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia) sekitar Rp200an Miliar.

Baca Juga: 7 Jalur Alternatif Hindari Macet Underpass Jalan HM Yamin

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya