Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Orang Ikut Parade Tauhid di Medan

Dari Masjid Raya Al Mashun ke Masjid Nurul Hidayah

Medan, IDN Times - Dalam rangka memeringati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, massa yang tergabung dalam Aliansi Ormas Islam Pembela Masjid menggelar Parade Tauhid, Rabu (19/7/2023).

Para peserta Parade Tauhid ini gabungan dari sejumlah komunitas Islam. Mereka berkeliling disejumlah titik Jalan Kota Medan.

“Alhamdulillah hari ini Hari 1 Muharram 1445 Hijriah, kami umat islam Kota Medan secara khusus bersama ormas Islam di Sumut mengadakan parade tauhid. Parade ini sudah tahun kelima sejak dimuali tahun 2017 yang lalu,” ucap Ketua Aliansi Ormas Islam Masjid Sumatera Utara, Zulkarnain.

1. Ratusan massa ikut serta dengan membawa bendera tauhid

Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Orang Ikut Parade Tauhid di MedanAliansi Ormas Islam Pembela Masjid menggelar parade tauhid di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Meskipun rintik hujan, terlihat ratusan massa yang ikut serta dalam parade sangat antusias dengan menggunakan motor dan mobil sambil membawa bendera tauhid.

“Massa diprediksi awalnya 2.000 orang tapi mungkin karena bertepatan dengan acara lain jadi seginilah massa kita. Ada dari Kabupaten Binjai, Deli Serdang, Langkat dan Kota Medan jadi bagian peserta aksi,” jelasnya.

Zulkarnain mengatakan, Parade Tauhid ini digelar untuk memeringati kisah hijrah Nabi Muhammad SAW. 

"Karena kita bisa membangun iman kita, semangat kebersamaan persatuan untuk membawa kebaikan untuk bangsa dan negara kita. Khususnya di Kota Medan dan Sumut,” tambah Zulkarnain.

Baca Juga: Mitos-mitos Satu Suro yang Hingga Kini Masih Dipercaya

2. Parade Tauhid diawali dari Masjid Raya Al Mashun dan finish di Masjid Nurul Hidayah

Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Orang Ikut Parade Tauhid di MedanAliansi Ormas Islam Pembela Mesjid menggelar parade tauhid di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dari kegiatan Parade Tauhid ini, Aliansi Ormas Islam Masjid Sumatra Utara berharap ke depan bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Nantinya puncak acara ada tausiah agama. 

“Puncak acara di Nurul Hidayah Jalan Pancing tausiah agama memaknai hijrah bagi bangsa ini supaya ada perubahan ke depan terhadap dinamika politik kita, pemimpin nasional kemudian tegaknya keadilan bagi bangsa Indonesia,” tutupnya.

Rute pada Parade Tauhid ini dimulai dari titik Kumpul Masjid Raya Al-Mashun Medan Jalan SM Raja, masuk ke Jalan Halat, lanjut ke Jalan Bakti dan finish di Masjid Nurul Hidayah jalan Pancing.

3. Lakukan Parade Tauhid untuk semangat hijrah dari masjid ke masjid

Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Orang Ikut Parade Tauhid di MedanAliansi Ormas Islam Pembela Masjid menggelar parade tauhid di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Sumut, Aidan Nazwir mengatakan alasan dilakukan Parade Tauhid dari masjid ke masjid.

Hal ini berdasarkan semangat hijrah untuk melakukan kebaikan dengan simbol masjid, dikarenakan Rasulullah pertama kali hijrah ke Madinah langsung membangun masjid.

“Kenapa kita ambil masjid ke masjid karena mau membangun semangat hijrah ini yang terlebih khusus lagi masjid Nurul Hidayah ini,” ucapnya.

Lanjutnya, masjid ini salah satu simbol perjuangan Aliansi Ormas Islam Sumatera Utara. Sampai saat ini belum lepas dari gangguan pihak tertentu yang ingin menguasai masjid tersebut.

“Oleh karenanya, kita menyatukan seluruh perhatian umat islam untuk harus dan tetap membela keberadaan masjid tersebut dari upaya gangguan pihak-pihak tertentu,” tambahnya.

Semangat tersebut dijadikan masjid Nurul Hidayah sebagai tujuan akhir parade tauhid tahun ini.

Baca Juga: Sejarah Masjid Raya Al Mashun, Ikon Medan Peninggalan Sultan Deli

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya