Masa Kampanye, Caleg Banyak Gadaikan Barang di Pegadaian

Dari emas sampai BPKB mobil

Medan, IDN Times - Pimpinan Wilayah PT Pegadaian Kanwil Sumut-Aceh, Arief Rinardi Sunardi mengatakan, di masa kampanye banyak para calon legislatif (caleg) yang menggadaikan barang berharganya mulai dari emas hingga BPKB Mobil untuk memperoleh uang tunai.

“Masa kampanye ini baru masa awal, tetapi teman-teman sudah merasakan itu indikasinya  banyak permintaan modal kerja itu yang di luar kebiasaan. Biasa Rp50 juta hingga Rp100 juta, tapi sekarang Rp100 juta hingga Rp500 juta,” ucapnya.

1. PT Pegadaian banyak mendapatkan gadaian barang emas

Masa Kampanye, Caleg Banyak Gadaikan Barang di PegadaianIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, para nasabah yang datang untuk menggadaikan barang tersebut didominasi para caleg yang memilih pegadaian sebagai solusi untuk uang tunai melakukan alat praga kampanye.

“Setiap tahun politik dalam tanda petik, PT Pegadaian banyak mendapatkan kandidat atau calon legeslatif atau tim sukses yang membutuhan dana segar untuk menggadaikan barang-barang perhiasan emas. Hal ini kita ketahui setelah ngobrol-ngobrol dengan nasabah juga,” katanya.

Baca Juga: Janjikan Otonomi Khusus Lanjut, Cak Imin: AMIN Tak akan Bohongi Aceh

2. Nasabah yang ajukan limit uang ratusan juta untuk kepentingan masa kampanye

Masa Kampanye, Caleg Banyak Gadaikan Barang di PegadaianDok. Pegadaian

Disebutkan Arief, bahwa nasabah yang biasanya mengajukan pembiayaan Rp50-Rp100 juta, di masa kampanye ini bisa mengajukan limit uang hingga Rp500 juta

“Dan memang untuk kepentingan masa-masa kampanye berupa alat peraga kampanye seperti kaos, cetak brosur dan lainnya,” ungkapnya.

3. Ada efek domino di Pegadaian yang bergerak saat ditetapkan kampanye

Masa Kampanye, Caleg Banyak Gadaikan Barang di PegadaianIlustrasi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain dari caleg, dikatakannya dari beberapa vendor juga banyak menggadaikan barang sebagai tambahan modal kerja. Hal ini dirasakan ketika telah ditetapkan masa kampanye, sehingga ada efek domino yang bergerak ke pihaknya.

Mulai dari para vendor atau para penyedia jasa cetak kaos, brosur atau souvenir dan lainnya untuk Pemilu 2024.

Baca Juga: Cak Imin Targetkan Suara PKB di Aceh Capai 75 Persen

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya