Janjikan Otonomi Khusus Lanjut, Cak Imin: AMIN Tak akan Bohongi Aceh

Dana Otsus merupakan kebutuhan untuk kemajuan Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menjanjikan Dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh akan diperpanjang bila menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini disampaikan pasangan Anies Baswedan ini saat berkunjung ke Aceh.

Pernyataan itu disampaikan Cal Imin usai berziarah di makam ulama masa Kerajaan Aceh, Syekh Abdurrauf As Singkili atau Syiah Kuala, Selasa (5/12/2023). Perpanjangan Dana Otsus Aceh menjadi salah satu program khusus untuk Tanah Rencong.

1. Dana Otsus merupakan kebutuhan untuk kemajuan Aceh

Janjikan Otonomi Khusus Lanjut, Cak Imin: AMIN Tak akan Bohongi AcehCawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Cak Imin menyampaikan Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) bakal melanjutkan Dana Otsus Aceh yang bakal berakhir pada 2027, bila menang dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebab dana tersebut merupakan suatu kebutuhan untuk kemajuan Aceh sehingga dinilai penting dilanjutkan.

“Karena Dana Otonomi Khusus Aceh ini menjadi kebutuhan proses penguatan kemajuan masyarakat Aceh. Jadi nanti kalau AMIN menang tetap Dana Otonomi Khusus Aceh kita perpanjang,” kata Cak Imin.

Baca Juga: Cak Imin Targetkan Suara PKB di Aceh Capai 75 Persen

2. Jika dana dikelola untuk rakyat, otsus bisa diperpanjang sampai kiamat

Janjikan Otonomi Khusus Lanjut, Cak Imin: AMIN Tak akan Bohongi AcehCawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, saat orasi politik di Yayasan Darul Ihsan, Siem, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Tidak hanya memperpanjang, pasangan Anies Baswedan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 itu mengatakan Dana Otsus Aceh bahkan bisa terus berlanjut sampai dengan waktu tidak terbatas. Ini dapat diwujudkan bila dana tersebut dikelola dengan baik dan diperuntukan untuk masyarakat.

“Dan tentu saja tata kelolanya akan kita kontrol supaya langsung dinikmati rakyat bukan dinikmati pejabat. Ini akan kita upayakan,” ucap Cak Imin.

“Kalau misalnya dinikmati oleh rakyat, kalau bisa kita perpanjang sampai kiamat,” imbuhnya.

3. AMIN tidak akan pernah membohongi Aceh

Janjikan Otonomi Khusus Lanjut, Cak Imin: AMIN Tak akan Bohongi AcehCawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, saat orasi politik di Yayasan Darul Ihsan, Siem, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Sehubungan dengan itu, dalam orasi politik di Yayasan Darul Ihsan, Siem, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Cak Imin di hadapan ulama, warga hingga santri beserta tim partai pengusung, menegaskan bahwa ia dan Anies Baswedan tidak akan pernah membohongi Aceh.

Permintaan masyarakat Aceh mulai dari dana Otsus, realisasi butir-butir MoU Helsinki, hingga membangun dan memakmurkan daerah sesuai ciri khas, akan diwujudkan bila terpilih atau menang pada pilpres nanti.

“Insyaallah AMIN tidak akan pernah bohong untuk Aceh inilah yang disebut teori ilmiah yang disebut keadilan sektoral dan teritorial,” kata Cak Imin.

“Setiap provinsi punya kekhasan, kita juga mengerti cara membangun dan memakmurkan dengan cepat bangsa kita,” ucap pasangan calon nomor urut satu itu.

Baca Juga: Besok Cak Imin ke Aceh, 2 Hari Maraton Safari Politik ke-4 Kabupaten

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya