Konjen India Akan Gelar Hari Budaya India, Catat Tanggal dan Lokasinya

Kedua acara ini terbuka untuk semua

Medan, IDN Times - Konsulat Jenderal India di Medan berencana akan menanam 2.000 pohon bakau dan akan mengadakan hari budaya India. Hal ini dikatakan Konsul Jenderal India Medan Shubham Singh saat konprensi pers, Rabu (27/9/2023).

Perencanaan event ini akan digelar selama dua hari dengan dua acara, pada Sabtu (7/10/2023) dan Minggu (8/10/2023) bertema Misi LiFE (Lifestyle For Environment). Kedua acara ini akan terbuka untuk umum secara gratis.

Misi LiFe, singkatan dari "Misi 'LiFEStyle For Environment," adalah gerakan massal yang mempromosikan gaya hidup yang sadar lingkungan, bertujuan untuk mendorong dan menyebarkan cara hidup yang sehat dan berkelanjutan berdasarkan tradisi dan nilai-nilai konservasi dan moderasi, sebagai pendekatan kunci dalam mengatasi perubahan iklim.

1. Konjen India akan merencanakan tanam 2.000 pohon bakau

Konjen India Akan Gelar Hari Budaya India, Catat Tanggal dan LokasinyaKonsul Jenderal India Medan Shubham Singh (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dijelaskan Shubham Singh untuk acara pertama pada Sabtu (7/9/2023), Konsulat Jenderal India di Medan akan mengorganisir program penanaman 2.000 pohon bakau. Hal ini sejalan dengan visi Misi LiFE dari sebuah inisiatif yang didukung oleh Perdana Menteri, Narendra Modi.

Acara ini akan berlangsung di Saentis, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang dan dihadiri oleh tokoh-tokoh terhormat dan tokoh-tokoh penting dari Indonesia dan India.

“Ini adalah upaya kolaborasi antara Konsulat Jenderal India di Medan dengan Pemerintah Sumatera Utara, termasuk Departemen Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Departemen Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura, Departemen Perkebunan dan Peternakan, Departemen Kelautan dan Perikanan dan juga Asosiasi Petani Bakau, dan mitra-mitra swasta, seperti Homemade Indonesia,” ucapnya.

2. Acara ini sekaligus memperingati sosok Mahatma Ghandi

Konjen India Akan Gelar Hari Budaya India, Catat Tanggal dan LokasinyaKonsul Jenderal India Medan Shubham Singh (IDN Times/Indah Permata Sari)

Lanjutnya, acara ini juga sebagai bentuk memperingati sosok Mahatma Gandhi sebagai penggagas kebersihan di India.

“Ini juga sekalian kita mengingat Mahatma Gandhi selama hidupnya dimana beliau itu penggagas kebersihan. Event ini juga dinamakan,” ucapnya yang sekaligus memeringati ulang tahun Mahatma Gandhi pada 2 Oktober nanti.

Untuk di hari kedua Minggu, (8/10/2023), disebut dengan hari budaya India akan merayakan keberagaman di Universitas Sari Mutiara dan Grand City Hall.

Menurutnya, acara ini guna memperkuat hubungan budaya dengan Indonesia.

3. Akan digelar mulai dari seminar yoga, workshop tari odissi hingga workshop henna

Konjen India Akan Gelar Hari Budaya India, Catat Tanggal dan LokasinyaKonsul Jenderal India Medan Shubham Singh (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dalam rangkaian acara akan digelar ada seminar Yoga bersama Naveen Meghwal, Direktur Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda (ICCR), Bali menawarkan Yoga Untuk Semua, Yoga untuk Wanita, dan Yoga untuk Pikiran dan Jiwa. Tari odissi yang memukau di Hotel Grand City Hall di Medan.

Secara bersamaan, dalam rangkaian acara ini juga menggelar workshop tari odissi dengan Pravata Kumar Swain dari India, juga Direktur Nrutya Naivedya. Selain itu, ada workshop henna yang dipimpin oleh seniman henna profesional Medan, Jayanti Mehendi.

“Terima kasih kepada semua yang berpartisipasi dan berkontribusi dalam acara-acara ini. Inisiatif-inisiatif ini menegaskan komitmen bersama India dan Indonesia terhadap pelestarian lingkungan dan pertukaran budaya,” pungkasnya.

Baca Juga: Perkuat Hubungan Indonesia-India, Konjen India Gelar Hari Alumni

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya