Hari ke-4, 535 Petugas Dikerahkan Cari 10 Korban Banjir Humbahas

Ada anjing pelacak yang ikut serta membantu pencarian

Humbang Hasundutan, IDN Times - Memasuki hari keempat pascabanjir bandang dan longsor menerjang kawasan pemukiman penduduk di Desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), pencarian korban terus dilanjutkan.

Sejauh ini baru 2 korban yang ditemukan dan dalam keadaan meninggal dunia. Hingga kini tim SAR Gabungan kembali melanjutkan pencarian.

1. Pencarian hari ini melibatkan sedikitnya 535 orang

Hari ke-4, 535 Petugas Dikerahkan Cari 10 Korban Banjir HumbahasSuasana pencarian hari ke-4 pasca banjir bandang di Humbahas (Dok. Tim SAR Gabungan)

Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono mengatakan pencarian hari ini melibatkan sedikitnya 535 orang dari berbagai Instansi dan organisasi yang terlibat yang nantinya akan dibagi menjadi 3 SRU.

SRU I melakukan pencarian di permukaan air menggunakan perahu LCR dan Aqua Eye untuk mendeteksi keberadaan korban di dalam air sekaligus dilakukan penyelaman oleh tim Basarnas Spesial Group (BSG).

Baca Juga: 2 Orang Ditemukan Meninggal, 10 Korban Banjir Humbahas Masih Dicari 

2. Melakukan pencarian dengan alat berat ekskavator

Hari ke-4, 535 Petugas Dikerahkan Cari 10 Korban Banjir HumbahasSuasana pencarian hari ke-4 pasca banjir bandang di Humbahas (Dok. Tim SAR Gabungan)

Lalu, SRU II melakukan pencarian menggunakan alat berat Ekskavator dan didampingi tim scouting darat di area batas jalan menuju tepi danau.

Kemudian, SRU III melakukan pencarian menggunakan alat berat excavator dan didampingi Tim scouting darat diarea batas jalan menuju arah bukit.

"Selain itu tim nanti juga akan dibantu anjing pelacak dari pihak kepolisian," ucapnya.

3. Dua orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan sudah diserahkan pada keluarga

Hari ke-4, 535 Petugas Dikerahkan Cari 10 Korban Banjir HumbahasSuasana pencarian hari ke-4 pasca banjir bandang di Humbahas (Dok. Tim SAR gabungan)

Diketahui sebelumnya pada Jumat, (1/12/2023) sekitar pukul 21.30 WIB banjir bandang dan longsor menerjang kawasan pemukiman penduduk di Desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Ada 2 orang korban telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan telah diserahkan kepada pihak keluarga. Selanjutnya, tim masih terus berupaya melakukan pencarian terhadap 10 korban yang masih dinyatakan hilang.

Baca Juga: Polisi Kerahkan Anjing Pelacak Cari 11 Korban Banjir Bandang Humbahas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya