Festival Thaipusam, Kereta Kencana Tetap Keliling Medan Meski Hujan

Festival orang-orang Tamil di purnama pertama

Medan, IDN Times - Perayaan Thaipusam tahun 2024 di Kota Medan berlangsung meriah meski diguyur hujan di Kuil Shri Supramaniyam Nagarattar/ Thandayuthappani, Jalan Kejaksaan Medan pada Kamis (25/1/2024) malam.

Dalam perayaan ini tampak ribuan masyarakat suku Tamil (India) menggelar Street Festival Thaipusam. Momen yang paling ditunggu adalah puncaknya umat Hindu yang menarik kereta kencana berusia ratusan tahun untuk melewati beberapa titik di Kota Medan.

Diketahui, Thaipusam adalah festival yang dirayakan oleh orang-orang Tamil pada bulan purnama pertama pada bulan Thai (Januari/Februari) dalam kalender Tamil.

1. Perayaan berlangsung sejak pagi hingga malam hari

Festival Thaipusam, Kereta Kencana Tetap Keliling Medan Meski HujanSuasana perayaan Thaipusam tahun 2024 di Kota Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

R.Mahendra Mohan Chettiar selaku Member Kuil Shree Soepramaniam Nagarathar mengatakan kegiatan tersebut telah berlangsung sejak Kamis (25/1/2024) pukul 05.00 WIB sampai malam hari.

Adapun rangkaian perayaan Thaipusam di Kuil Shree Soepramaniam Nagarathar ini yaitu, tarian India, Kavari Art, Murugan Kavadi, Pasraman Shri Parameshwari Amman, Pasraman Shri Balaji Venkateshwara, Pasraman Shri Karumari Amman, Pasraman Shri Batarakaliamman kuil Kp. Lalang, Kereta Kencana Sree Soepramaniem Nagarattar, Kereta Kencana Shri Batarakaliamman kuil Sei Belutu, dan Gendang Singgam Shakti.

Baca Juga: Mal Pelayanan Publik Resmi Diluncurkan Guna Mudahkan Pengurusan Izin

2. Melalui perayaan Thaipusam dapat tercipta kedamaian seluruh umat manusia

Festival Thaipusam, Kereta Kencana Tetap Keliling Medan Meski HujanSuasana perayaan Thaipusam tahun 2024 di Kota Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Dijelaskannya bahwa, perayaan Thaipusam tahun ini tepat Kamis (25/1/2024). Di hari ini seluruh umat Hindu Tamil merayakan kemenangan di perayaan Thaipusam. Melalui perayaan Thaipusam ini diharapkan dapat terciptanya kedamaian bagi seluruh umat manusia, khususnya di Kota Medan.

"Kita sudah mulai rangkaian kegiatan yakni Pal Kudam dan Maha Abhisegam Pal Kudam adalah tradisi angkat susu kemudian mengelilingi kuil dan dituangkan untuk para Dewa," jelasnya.

3. Diharapkan setiap manusia selalu menebar kebaikan

Festival Thaipusam, Kereta Kencana Tetap Keliling Medan Meski HujanSuasana perayaan Thaipusam tahun 2024 di Kota Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain kegiatan tersebut, momen yang paling dinanti adalah mengarak Dewa Murugan dengan kereta kencana yang berusia 133 tahun.

Rutenya, yakni melintasi jalan Kebun Bunga, menunu Teuku Umar, kemudian Zainul Arifin, masuk ke Jalan S. Parman kemudian balik lagi ke kuil Jalan Kejaksaan.

Sementara itu, dia juga berharap ditahun ini pesta demokrasi berjalan dengan baik.

“Berharap pesta demokrasi ini berjalan baik dan lancar, serta Aman dan damai. Semoga orang-orang tetap menebar kebaikan dan harus tetap menebar kebaikan setiap waktu,” tutupnya.

Baca Juga: Sejarah Kereta Kencana di Perayaan Thaipusam Medan, Berusia 130 Tahun

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya