Aulia Rachman Minta Mahasiswa FK UMSU Beri Saran pada Pemko Medan

Pemko Medan terus menggaungkan program Medical Tourism

Medan, IDN Times - Pemerintah Kota Medan saat ini terus menggaungkan program yang diyakini dapat berjalan dengan baik. Yakni, Wisata Medis (Medical Tourism).

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman dalam kata sambutan menghadiri acara Departemen Pengembangan Sumber daya Manusia dan Departemen Kajian Strategis dan Advokasi organisasi Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Acara ini berlokasi di BPMP Provinsi Sumatera Utara, Jalan Bunga Raya nomor 96, Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayan, Kota Medan, pada Minggu (19/11/2023).

Aulia Rachman menjelaskan bahwa, program ini merupakan layanan kesehatan yang telah mendunia dan berpotensi besar untuk di implementasikan di Kota Medan. Hal ini penting dilakukan mengingat banyaknya penduduk kota Medan yang lebih memilih berobat keluar negeri.

“Kami (Pemerintah Kota Medan) sudah ciptakan yang namanya Medical Tourism. Medical Tourism ini kita survei seluruh rumah sakit di Kota Medan dan bisa kita tutup rumah sakit tersebut kalau tidak bagus fasilitas pelayanan, fasilitas menangani daripada kesehatan, fasilitas infrastrukturnya bisa kita tutup,” tegasnya.

1. Diharapkan mahasiswa bisa bekerjasama dengan Pemko Medan

Aulia Rachman Minta Mahasiswa FK UMSU Beri Saran pada Pemko MedanWakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman (Dok. Khairil Umri)

Wakil Wali Kota Medan ini berpesan bahwa, program ini tidak main-main karena untuk kesehatan masyarakat. Sehingga dibutuhkan orang-orang profesional untuk mengelola rumah sakit tersebut.

Diharapkan, melalui pertemuan ini para mahasiswa yang akan menjadi dokter atau pelayan medis nantinya bisa bekerja sama kepada Pemerintah Kota Medan untuk memberikan saran atau masukan demi masyarakat kota Medan.

“Langkah-langkah pemerintah sudah ada, tapi interaksi itu kurang dirasakan pemerintah terhadap adik mahasiswa. Ini yang ingin saya sampaikan, dan terima kasih kepada UMSU sudah kasih bicara kepada adek-adek mahasiswa terkhusus Fakultas Kedokteran,” ucapnya.

2. Aulia menilai nantinya calon dokter akan merasa bangga ada RS Internasional di Medan

Aulia Rachman Minta Mahasiswa FK UMSU Beri Saran pada Pemko MedanWakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman (Dok. Khairil Umri)

Menurut Aulia Rachman, para calon dokter ini nantinya juga akan merasakan bangga, apabila rumah sakit internasional terbangun di Kota Medan. Sehingga, perlu digali potensi-potensi tersebut.

“Semoga kalian menjadi dokter-dokter yang baik, dokter yang bisa dipercaya dan dokter yang mempunyai tangan dingin dengan cara menyembuhkan penyakit-penyakit,” tutup Aulia Rachman.

3. Saat ini sudah ada 7 Rumah Sakit yang tergabung di MMT

Aulia Rachman Minta Mahasiswa FK UMSU Beri Saran pada Pemko MedanWakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman (Dok. Khairil Umri)

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ada sekitar tujuh Rumah Sakit yang tergabung kedalam Medan Medical Tourism (MMT).

Tampak peserta antusias dari mahasiswa aktif program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran UMSU Angkatan 2023, serta mahasiswa angkatan 2022 dan 2021 lainnya yang belum pernah mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa.

Baca Juga: PSMS Kantongi Bukti Dugaan Pemukulan  terhadap Rachmad Hidayat

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya