Jelang Pilkada, Komisioner dan Sekretaris KPU Sibolga Positif COVID-19

Sebelumnya 2 bakal calon kepala daerah juga positif COVID-19

Sibolga, IDN Times - Pasien COVID-19 terus bertambah di Kota Sibolga, Sumatra Utara. Kali ini, komisioner dan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

Keduanya pun saat ini sudah diisolasi. Menurut informasi yang diperoleh, dua pasien tersebut berinisial AH dan IT.

1. Diketahui melalui uji Laboratorium

Jelang Pilkada, Komisioner dan Sekretaris KPU Sibolga Positif COVID-19Ilustrasi Tes Usap/PCR Test. IDN Times/Hana Adi Perdana

Keduanya diketahui terpapar positif berdasarkan uji laboratorium COVID-19. "Keduanya dinyatakan positif pada tanggal 15 September 2020," kata Koordinator Hubungan Masyarakat (Humasy) Gugus Tugas COVID-19 Kota Sibolga, Binner Lumban Gaol.

Binner mengaku, sebelumnya Dinas Kesehatan telah melakukan swab test kepada seluruh komisioner. Saat itu, Sekretaris dan staf di KPU Sibolga juga tak luput dari swab yang dilakukan.

"Tindakan itu dilakukan setelah dua pasangan bakal calon Kepala Daerah positif COVID-19," kata Binner.

Saat ini pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumbantobing dinyatakan sehat atau sembuh dari COVID-19.

Baca Juga: Diduga Curang saat Seleksi, Anggota Bawaslu dan KPU Sibolga Diperiksa

2. Kedua pasien telah mendapat penanganan

Jelang Pilkada, Komisioner dan Sekretaris KPU Sibolga Positif COVID-19Istimewa

Menurut Binner, saat ini kedua pasien tersebut telah mendapat penanganan dari tim gugus tugas COVID-19.

Pasien AH dikabarkan telah menjalani masa isolasi mandiri.  "Karena pasien IT tinggal di Tapteng, maka penanganan nya akan menjadi kewenangan Dinkes di sana," katanya.

3. Total seluruh Sumut saat ini sudah tembus 9.176

Jelang Pilkada, Komisioner dan Sekretaris KPU Sibolga Positif COVID-19Tempat isolasi pasien COVID-19 di Tapanuli Tengah (Hendra Simanjuntak/IDNTimes)

Saat ini jumlah warga Sumut yang positif COVID-19 terus melonjak hingga mencapai 9.176 orang pada Jumat (18/9/2020). Ada penambahan 125 kasus baru dari sebelumnya 9.051 orang.

Baca Juga: Pilkada 2020, 6 Bakal Calon Kepala Daerah di Sumut Positif COVID-19

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya