Cegah Penyebaran Virus Corona, Lapas Sibolga Tutup Jadwal Kunjungan

Keluarga dan tamu masih diperkenankan mengantar makanan

Tapanuli Tengah, IDN Times - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Sibolga, Sumatera Utara mengaku sudah menerapkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/ Anak Didik (Kasibinadik) Refintua Simanullang saat ditemui di ruangannya, Rabu (18/3).

"Upaya pencegahan itu sejalan dengan instruksi Dirjen Pemasyarakatan serta kesepakatan bersama Forkopimda Tapanuli Tengah terkait penanganan Covid-19," jelas Refintua.

1. Akan berlangsung selama 2 pekan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Lapas Sibolga Tutup Jadwal KunjunganKepala Seksi Bimbingan Narapidana/ Anak Didik (Kasibinadik) Refintua Simanullang (Istimewa/Dok IDN Times)

Dikatakan Refintua, upaya pencegahan itu dilakukan dengan menutup akses jadwal kunjungan tamu dan keluarga.  Penutupan jadwal kunjungan itu akan berlangsung selama dua pekan.

"Dan sudah buat pengumuman penutupan (kunjungan)," kata Refintua.

2. Keluarga WBP bisa mengantar makanan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Lapas Sibolga Tutup Jadwal Kunjungan(IDN Times/Mia Amalia)

Walupun jadwal kunjungan ditutup, kata Refintua keluarga dan tamu tetap diperkenankan mengantarkan makanan kepada warga binaan.

"Keluarga yang ingin mengantar makanan, dititip ke petugas untuk dibawakan ke warga binaan," katanya

Baca Juga: [BREAKING] Virus Corona Merebak, Istana Maimun Ditutup untuk Umum

3. Suhu tubuh pegawai dan WBP akan diperiksa

Cegah Penyebaran Virus Corona, Lapas Sibolga Tutup Jadwal KunjunganDok. PLN UID Jateng dan DIY

Selain itu, kata Refintua upaya lain juga dilakukan oleh pihaknya. Dalam waktu dekat, seluruh warga binaan akan mendapat pemeriksaan suhu tubuh.

Untuk melakukan itu, kata Refintua, pihaknya akan menugaskan dua tenaga medis yang bertugas di Lapas. "Kita akan mengunakan alat Screening, apakah ada yang demam, jika ditemukan maka akan ditindaklanjuti," jelasnya.

"Sementara ini screening masih dilakukan kepada para pegawai, dan hasilnya tidak ada yang demam, setelahnya dilanjut screening ke warga binaan," tambahnya.

4. Akan dilakukan penyemprotan disinfektan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Lapas Sibolga Tutup Jadwal KunjunganSeorang pekerja layanan penyemprotan dsinfektan membersihkan bagian dalam perumahan wilayah kumuh di Seoul, Korea Selatan, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Kim Hong-Ji)

Rafintua mengatakan, penyemprotan disiinfektan juga akan dilakukan. Penyemprotan itu akan dilakukan di seluruh ruangan di Lapas tersebut.

"Dalam waktu dekat akan disemprot," ujarnya.

Refintua mengungkapkan, kebijakan ini direspon dengan baik oleh warga binaan. Sebab, katanya kebijakan itu demi keselamatan para warga binaan.

"Karena ini demi keselamatan mereka juga kan?" katanya.

Baca Juga: Kisah Handoko, Dokter 80 Tahun yang Viral Berjuang Rawat Pasien Corona

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya