Siantar Peduli Isoman, Gerakan Spontanitas Bantu Warga

Seratusan warga Isoman terdata jadi penerima bantuan

Pematangsiantar, IDN Times - Bermula dari pengalaman sebagai pasien terpapar COVID-19 dan harus menjalani isolasi mandiri (Isoman), Roselina Sitepu terpaksa harus meninggalkan sementara aktivitasnya sampai sembuh dari COVID-19. 

Selama 14 hari berada di rumahnya, Roselina membayangkan bagaimana keaadaan warga dengan ekonomi kurang mampu yang juga sedang menjalani Isoman untuk mencari nafkah memenuhi kebutuhan rumah tangganya. 

1. Berinisiatif membentuk wadah membantu para Isoman yang masih berjuang

Siantar Peduli Isoman, Gerakan Spontanitas Bantu WargaFlayer gerakan Siantar Peduli Isoman (Dok. Istimewa)

Dari pengalamannya itu, bersama dengan 2 orang lainnya, Tigor Munte dan Johan Lumbangaol, Roselina atau yang akrab disapa Ose membentuk wadah untuk membantu warga kurang mampu yang sedang menjalani Isoman. 

Komunikasi ketiganya berlangsung melalui media sosial. Mereka kemudian sepakat membentuk gerakan 'Siantar Peduli Isoman'. "Siapa saja boleh bergabung di dalam. Kita menerima bantuan dalam bentuk apapun untuk disalurkan ke warga yang sedang Isoman," katanya. 

Ide itu kemudian disambut baik warga Siantar. Terbukti hingga saat ini Siantar Peduli Isoman telah menerima cukup banyak bantuan berupa uang tunai maupun bahan makanan dan obat-obatan. 

Baca Juga: Cerita Pasien Isoman di Medan, Banyak Dibantu Sahabat Sendiri

2. Kepedulian mahasiswa membantu menyalurkan bantuan

Siantar Peduli Isoman, Gerakan Spontanitas Bantu WargaSalah seorang relawan mengantar bantuan ke warga Isoman (Dok. Istimewa)

Menurut Ose, keberadaan Siantar Peduli Isoman tidak terlepas juga dari kepedulian mahasiswa yang ada di Kota Siantar. Para kaum muda itu, kata dia, sangat membantu dalam menyalurkan langsung bantuan ke warga Isoman dan ide-ide menjadikan gerakan tersebut menjadi sangat berarti bagi warga lainnya. 

"Adik-adik mahasiswa menjadi motor dari kerakan ini. Salah satunya yaitu dari GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia). Mereka menyediakan kantor untuk menjadi pos atau basecamp Siantar Peduli Isoman," ucapnya. 

3. Seratusan warga Isoman tercatat sebagai penerima bantuan

Siantar Peduli Isoman, Gerakan Spontanitas Bantu WargaPemberian bantuan dari donatur kepada Siantar Peduli Isoman untuk disalurkan (Dok. Istimewa)

Hingga saat ini sebanyak 118 warga Isoman mendapat bantuan. Ose pun meminta bagi warga Isoman yang memerlukan bantuan dan belum terdata mereka agar menghubungi nomor kontak yang sudah disebar di media sosial 'Siantarpeduliisoman'. 

Di samping data penerima bantuan terus bertambah, Ose juga meminta bagi warga yang dengan sukarela dan memiliki kepedulian serupa dengan mereka untuk memberikan bantuan jenis apapun. 

"Kita memiliki relawan yang bertugas menerima bantuan di Kantor GMNI Pematang Siantar, Jalan Sangnaualuh, Kecamatan Siantar Timur. Saya yakin banyak warga yang memiliki kepedulian kepada saudara kita yang sedang Isoman," ucapnya. 

Baca Juga: 15 Anak Panti Asuhan di Medan Positif COVID-19, Diisolasi di BP4TK

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya