Berantas Narkoba, Kapolda Sumut Pecat 18 Polisi Secara Tidak Hormat

"Hanya di surga yang tidak ada kejahatan"

Pematangsiantar, IDN Times - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin menjadi pembicara dalam diskusi publik yang berlangsung, Jumat (13/3) di Aula Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Di depan ratusan mahasiswa dan dosen, mantan Kapolda Papua dan Papua Barat itu meminta agar setiap mahasiswa menjadi Polisi terutama di lingkungan kampus. 

Martuani meminta agar setiap kegiatan yang dinilai melenceng agar dilapor ke Polisi.

"Marilah kita menjadi polisi, Polisi di sini dalam artian bantu saya. Kalau ada di kampus yang sudah miring-miring bicaranya gak jelas, segera kontak kami," katanya.

1. Setelah judi, Polda Sumut fokus berantas narkoba

Berantas Narkoba, Kapolda Sumut Pecat 18 Polisi Secara Tidak HormatIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Martuani kemudian menyindir kegiatan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus, termaksud di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Ia memastikan di kampus tersebut ada pengguna narkoba. Untuk itu, ia meminta agar setiap mahasiswa maupun dosen melapor ke pihak berwajib. 

Internal Kepolisian, menurut Martuani tidak luput dari bisnis narkoba. Sampai saat ini, Polda Sumut telah memecat dengan tidak hormat 18 anggota Polisi yang terlibat dalam bisnis haram itu. 

"Kalau ada anggota saya menjadi bandar, kalau untuk narkoba, saya pastikan saya pidanakan. Ada 2 perwira sekarang saya tahan di Polda. Nyusul 5 dari Sidempuan," tegasnya

Baca Juga: Tanam Pohon di Langkat, Kapolda Sumut Tempuh 74 Km dengan Bersepeda

2. Kapolda Sumut: Hanya di surga yang tidak ada kejahatan

Berantas Narkoba, Kapolda Sumut Pecat 18 Polisi Secara Tidak HormatKapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin (IDN Times/Gideon Aritonang)

Sejak menjabat sebagai Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin terus menggelorakan slogan 'tidak ada tempat bagi penjahat di Sumut'. Kalimat itu, kata Sormin hanya sebagai motivasi kepada anggotanya agar memberantas kejahatan, terutama di jalanan. 

"Semboyan itu untuk memotivasi anggota saya. Di dunia ini pasti ada kejahatan. Hanya di surga yang tidak ada kejahatan. Kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat, kita akan tindak tegas," ucapnya.

3. Kapolda Sumut bagi-bagi SIM gratis untuk mahasiswa

Berantas Narkoba, Kapolda Sumut Pecat 18 Polisi Secara Tidak HormatKapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin (IDN Times/Gideon Aritonang)

Sebelum menutup diskusi itu, Kapolda Sumut membuka sesi tanya jawab bagi mahasiswa dan dosen yang hadir. Satu persatu mahasiswa mengangkat tangan dan memberi pertanyaan kepada orang nomor 1 di Polda Sumut itu. 

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan beragam topik, mulai dari isu politik identitas, kerukunan antar umat beragama hingga ketimpangan hukum yang kerap terjadi di Sumut menurut mahasiswa. 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Martuani Sormin menanyakan domisili penanya. Bagi mahasiswa yang berdomisili di Kota Siantar, Martuani mengarahkan untuk menemui Kapolres Siantar agar dibuatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis. 

"Kalau yang tinggal di Kabupaten Simalungun, silahkan temui Kapolres Simalungun. Biar Kapolres yang membayar, tapi ikut ujian," kata Sormin yang diikuti tawa mahasiwa. 

Baca Juga: Korban Banjir Bandang di Barus Dapat Bantuan dari Kapolda Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya