Intip Serunya PKKMB Unimed 2023, Ada 8.555 Mahasiswa Baru

Selama tiga tahun hanya digelar virtual

Medan, IDN Times- Universitas Negeri Medan (Unimed) menyambut mahasiswa baru lewat Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Gedung Serbaguna Unimed, Selasa (15/8/2023). Sejak pukul 08.00 WIB mahasiswa baru Umimed telah meramaikan tempat duduk di gedung ini.

Tahun ini Unimed menerima sebanyak 8.555 mahasiswa baru dari 52.348 pendaftar. Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom mengatakan, jumlah pendaftar yang banyak menunjukkan animo masyarakat terhadap kampus hijau ini cukup tinggi.

“Sebisa mungkin melalui PKKMB ini Unimed akan mengenalkan kehidupan kampus terkait dengan sistem pembelajaran agar mahasiswa baru cepat beradaptasi dengan lingkungan Unimed. Kita juga memperkenalkan apa yang menjadi hak dan kewajiban mahasiwa, bagaimana cara untuk mencapai kompetensi secara seutuhnya mulai dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tentunya semua berpedoman khusus pada tagline Unimed yaitu The Caracter Building University," kata Syamsul.

1. Dari adu yel-yel sampai arak-arakan

Intip Serunya PKKMB Unimed 2023, Ada 8.555 Mahasiswa BaruArak-arakan dan adu yel-yel mahasiswa baru UNIMED (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Mahasiswa baru Unimed sebelum menuju gedung Serbaguna beramai-ramai melakukan arak-arakan (dari Fakultas masing-masing menuju tempat diselenggarakannya PKKMB). Aksi tersebut didesain untuk memeriahkan PKKMB tahun 2023 setelah tiga tahun sebelumnya diadakan secara virtual. Tentu atmosfer ini disambut dengan begitu antusias oleh warga Universitas.

Nazla Askila selaku mahasiswa baru Unimed dari Sastra Inggris mengaku bahwa PKKMB ini sangat seru.

“Sesuai ekspektasi. Sebab acaranya tidak terlalu formal, bahkan ada acara seru-seruannya. Sejauh ini memang seru, sih, apalagi saat adu yel-yel sambil arak-arakan. Saya sendiri percaya diri untuk berpendapat bahwa yel-yel fakultas kami yang paling bagus,” kata Nazla yang merasakan persaingan adu yel-yel yang kompetitif namun seru.

Baca Juga: 5 Kampus Swasta di Medan untuk Calon Mahasiswa Multimedia

2. Rektor ajak mahasiswa berduet dan bernyanyi ramai-ramai

Intip Serunya PKKMB Unimed 2023, Ada 8.555 Mahasiswa BaruRektor UNIMED ajak mahasiswa baru berduet (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Pada kesempatan itu Prof Syawal pada acara PKKMB ini turut unjuk suara emasnya saat bernyanyi. Beliau memang dikenal memiliki suara yang bagus dan piawai melantunkan lagu-lagu daerah, khususnya Batak. Bahkan dengan humble beliau mengajak mahasiswa baru berduet.

Minati Eskapenesia selaku mahasiswa baru Teknik Bangunan merasa sangat senang ketika diajak langsung oleh orang nomor satu di Unimed bernyanyi. Ia mengakui  bahwa Rektor UNIMED memang memiliki suara emas.

“Deg-degan banget diajak Pak Rektor naik di atas panggung untuk bernyanyi. Gak nyangka juga ternyata aku yang dipilih sebagai pasangan duetnya, tentu aku senang banget."

“Seru punya rektor yang satu frekuensi, senang nyanyi juga,” lanjut mahasiswa baru asal Sidikalang ini.

3. Bakal ada yang menarik di PKKMB Fakultas besok

Intip Serunya PKKMB Unimed 2023, Ada 8.555 Mahasiswa BaruAntusiasme mahasiswa baru UNIMED (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Unimed juga mengadakan PKKMB di fakultas masing-masing. Nantinya ada kegiatan menarik yang akan didesain untuk menyambut mahasiswa baru menuju fakultasnya. Yuliadi Ahmad selaku anggota Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni membeberkan keseruan itu.

“Bakal ada yang menarik besok! Seperti main bola basket, guna melatih kekompakan dan kerjasama selaku warga satu atap FBS. Ada juga koreografi yang akan kami buat, loh. Banyak juga keseruan-keseruan lainnya bersama mahasiswa baru. Jadi, nantikan acara besok!”

Di samping semaraknya acara PKKMB Unimed, rektor berharap agar mahasiswa baru mengikuti seluruh rangkaian acara. Sebab momen ini berisi tentang hal-hal yang bersangkutan dengan sistem perkuliahan dan pembelajaran yang ada di Unimed.

“Tentu PKKMB  dimaksudkan agar perkuliahan berjalan dengan lancar, agar kita juga punya komitmen dan menyiapkan niat untuk belajar sungguh-sungguh, supaya lulusan Unimed nanti punya kompetensi mumpuni yang dibutuhkan masyarakat dan dunia kerja. Harapan besarnya semoga bisa  memberi manfaat untuk bangsa dan negeri ini sekaligus dapat mengejar prestasi baik skala nasional sampai internasional," pungkasnya. 

Baca Juga: 15 Kampus Swasta Terbaik di Sumut dan Peringkatnya Versi EduRank

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya