Rekor Baru di 2023, Unimed Tambah 19 Profesor Dalam 3 Bulan

Total sepanjang 2023 ada 35 profesor baru

Deli Serdang, IDN Times - Guru besar atau yang biasa dikenal dengan sebutan Profesor di sebuah kampus memiliki peranan yang cukup besar. Selain meningkatkan kualitas tim akademik, keterlibatan Profesor dalam membangun pendidikan dan melambungkan akreditasi sangat potensial. Artinya, dengan keterlibatan Profesor di menara gading, indeks kepercayaan publik dan reputasi sebuah kampus dapat mengalami lonjakan.

Peranan penting Profesor dalam meningkatkan mutu akademik juga dilihat Universitas Negeri Medan (Unimed). Hingga September ini, Unimed baru saja menahbiskan 19 profesor baru. Total ada tambaha 35 guru besar sepanjang 2023.

1. Diklaim dapat mempercepat misi Unimed menjadi PTN BH (Berbadan Hukum)

Rekor Baru di 2023, Unimed Tambah 19 Profesor Dalam 3 BulanRektor Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. (Humas Unimed)

Rektor Unimed Prof Baharuddin tak sungkan untuk mengatakan jika bertambahnya gelar profesor bagi tenaga akademik dapat mempercepat Unimed menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Berbadan Hukum (BH). Prof. Baharuddin menilai jika capaian tersebut sedikit banyak dapat memberi manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat.

"Dengan adanya 19 guru besar, Unimed memiliki potensi untuk mengembangkan lebih banyak program akademik dan penelitian yang berkualitas tinggi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan reputasi universitas dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi mahasiswa dan masyarakat. Dengan perolehan 19 guru besar ini dapat mempercepat Unimed menjadi PTN BH dan World Class University,” ujar Baharuddin.

Menanggapi capaian ini, Baharuddin tak urung mengapresiasi dosen-dosen yang telah berhasil meraih jabatan tertinggi fungsional itu. Ia menyebutkan jika pengangkatan guru besar adalah capaian yang penting dalam dunia pendidikan tinggi dan menunjukkan komitmen Unimed terhadap penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

“Prestasi ini merupakan sesuatu yang patut diapresiasi. Pengangkatan guru besar biasanya memerlukan penilaian ketat dan evaluasi terhadap kualifikasi, pengalaman, serta kontribusi akademik dari calon guru besar. Dengan banyaknya dosen yang telah berhasil menjadi guru besar menunjukkan bahwa kampus ini memiliki tim akademik yang berkualitas tinggi dan berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian,” kata Baharuddin.

2. Capaian ini merupakan yang terbanyak di tahun 2023

Rekor Baru di 2023, Unimed Tambah 19 Profesor Dalam 3 BulanUniversitas Negeri Medan, Unimed (dok.Istimewa)

Ketua Senat Unimed Prof Syawal Gultom juga ikut mengapresiasi perolehan jabatan profesor yang diraih oleh 19 dosen Unimed dalam kurun Juni-Agustus 2023. Hal ini menambah jumlah pada kurun waktu Januari-September 2023. Kampus hijau ini telah berhasil menambah 35 orang dosen yang berhasil meraih jabatan sebagai guru besar, sehingga jumlah total profesor di Unimed ada 102 orang.

“Perolehan 19 guru besar ini merupakan yang terbanyak di tahun 2023 dan sesuatu yang membanggakan bagi civitas akademika Unimed. Hal Ini menunjukkan bahwa universitas memiliki fakultas, jurusan, dan program studi yang produktif dan berkualitas tinggi dalam hal penelitian dan kontribusi akademik," ungkap Prof Syawal Gultom.

Ia juga berpendapat jika guru besar adalah posisi akademik tertinggi di perguruan tinggi dan sering kali mereka diharapkan untuk menjadi pemimpin dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Prestasi ini dianggapnya merupakan investasi Unimed dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul di bidang akademik.

"Selain itu, capaian ini juga dapat meningkatkan reputasi Unimed di tingkat nasional dan internasional. Dengan tambahan 19 guru besar, Unimed mungkin memiliki berbagai bidang penelitian dan keahlian yang luas, yang dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan masyarakat di sekitarnya. Semoga penghargaan ini memacu lebih banyak prestasi akademik di masa depan dan memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan penelitian,” katanya.

3. Mahasiswa harapkan peran profesor dapat memberikan iklim akademik yang lebih baik

Rekor Baru di 2023, Unimed Tambah 19 Profesor Dalam 3 BulanMahasiswa Unimed saat wisuda (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Mahasiswa Unimed asal Fakultas Ekonomi, Wahyu Pradika, turut bersuka cita dengan capaian kampusnya tersebut. Ia berharap prestasi serupa turut pula dikejar oleh dosen-dosen lain agar Unimed mampu memberikan iklim akademik yang jauh lebih baik.

“Saya ucapkan selamat kepada Unimed yang telah berhasil menambah 19 Profesor dalam kurun waktu yang singkat, semoga dengan bertambahnya guru besar di Unimed akan semakin menunjang kegiatan pembelajaran akademik maupun non akademik. Namun, perlu digenjot lagi pemerataan gelar profesor di masing-masing fakultas bagi dosen lain. Besar harapan saya fakultas yang masih minim dihuni gelar profesor bisa menghasilkan capaian baru untuk pemetaan yang lebih baik di masing-masing fakultas,” kata salah satu anggota Senat Mahasiswa Unimed ini.

Wahyu juga berharap agar Profesor baru di Unimed ini nantinya dapat membatu para dosen lain dan mahasiswa dalam melakukan penelitian ilmiah yang lebih baik lagi untuk menambah pengetahuan warga kampus.

Hal senada juga disampaikan oleh Nauli Nami. Mahasiswa pendidikan bahasa Prancis ini menganggap jika dengan banyaknya profesor, nilai PTN di mata publik akan semakin baik.

“Semoga para guru besar yang baru dapat mengembangkan ilmunya bagi seluruh mahasiswa secara merata, juga sungguh-sungguh dalam meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian ilmiah, karena dengan bertambahnya guru besar pastinya Unimed semakin dikenal luas di dunia pendidikan, semoga bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi sekarang, supaya kampus ini jadi salah satu opsi pertama bagi calon mahasiswa dalam memilih PTN unggul,” pungkas Nauli.

Baca Juga: Dosen Unimed Bantu Gagas Eco Wisata Susur Sungai Babura

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya