Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji Anif

Ayah Wagub Ijeck berpulang di usia 82 tahun

Medan, IDN Times - Rabu (25/8/2021) hari ini menjadi hari berkabung bagi Sumatra Utara. Salah satu tokohnya telah berpulang. Haji Anif yang tak lain Ayah dari Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah mengembuskan napas terakhirnya di usia 82 tahun.

Jauh sebelum Ijeck menjadi orang nomor 2 di Sumut, nama H Anif dikenal luas karena kontribusinya di Sumut. Mendirikan sekolah hingga masjid menjadi buktinya. Berikut 10 fakta tentang Haji Anif yang perlu kamu tahu.

1. Anak dari seorang Ahli Qur'an

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifIlustrasi Al-Qur'an dan Buku Yasin (IDN Times/Besse Fadhilah)

Anif lahir di Perlanaan Kabupaten Batubara, 23 Maret 1939. Dia adalah anak tertua dari 16 bersaudara. Ayahnya adalah Al Hafiz Gulrang Shah yang merupakan seorang ulama hafiz Al-Qur'an.

2. Punya 9 orang anak, dan salah satunya jadi wakil Gubernur Sumut

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah berdiskusi dengan PFI Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Dari pernikahannya dengan Hj Syarifah Rahmah, H Anif dikaruniai sembilan orang anak. Salah satunya adalah Musa Rajekshah yang kini menjabat Wakil Gubernur Sumatra Utara periode 2018-2023.

3. Pernah hidup susah hingga harus jual jangkrik

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifHaji Anif (instagram/musa_rajekshah)

Dalam cerita yang pernah dikisahkan Haji Anif dalam bukunya, dia awalnya hidup susah. Bahkan dia sampai harus menjual jangkrik untuk memenuhi kebutuhannya bersama keluarganya.

Sampai akhirnya ia bangkit dan menjadi pengusaha sukses di bidang perkebunan sawit, perumahan hingga SPBU.

4. Adik-adiknya juga sukses di bidangnya masing-masing

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifRahmat Shah (Dok. Rahmat Galery)

Haji Anif juga jadi sosok panutan bagi adik-adiknya. Dia punya 15 orang adik. Rata-rata mereka juga menjadi sukses seperti dirinya. Seperti Rahmat Shah yang merupakan mantan anggota DPD RI dan Ketua PMI Sumut, Kodrat Shah yang menjabat Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumut hingga Ketua Hanura Sumut, dan lainnya.

5. Pernah raih rekor MURI karena kepemilikan lahan koloni bangau

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifInstagram.com/themedancity

Tahun 2013, Haji Anif dianugerahi Museum Rekor Indonesia (MURI) atas kepemilikan
 lahan koloni bangau terluas di Indonesia.  Penghargaan bernomor 5873/MURI/3/2013 itu diberikan saat ia merayakan ultah ke-74. Lahan itu terletak di Komplek Cemara Asri, Deli Serdang. Hingga kini tempat itu selalu dipadati warga yang ingin melihat berbagai burung migran yang singgah ke sana.

Baca Juga: Mengenang Haji Anif, Bikin MTQ untuk Memeringati Hari Ulang Tahun

6. Sudah bangun banyak masjid

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifMasjid Al Musannif (yayasanhajianif.id)

Haji Anif juga sangat aktif berkegiatan sosial. Ia sudah membangun banyak masjid. Kabarnya sudah 20 masjid yang dibangun Ayah sembilan anak itu. Termasuk Masjid Al Musannif yang sangat megah di samping Komplek Cemara Asri.

Masjid itu menjadi salah satu ikon masjid di Sumut yang banyak dikunjungi jamaah baik dari dalam maupun luar daerah bahkan sampai wisatawan asing. Saat ini Yayasan Haji Anif juga sedang membangun sebuah Masjid Raya di Desa Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis Kab.Mandailing Natal Sumatra Utara.

Haji Anif pernah bercita-cita membangun 99 masjid dan tahun ini sebenarnya coba diwujudkannya. Selain itu yayasan Haji Anif juga memiliki armada pembersih masjid. Tak kurang 1.800 masjid setiap pekan mendapat pelayanan pembersihan dari yayasan ini

7. Terbitkan biografi berjudul "Hidup Ikhlas tanpa Tipu Muslihat."

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifPotret Haji Anif saat peluncuran buku biografi tentang dirinya "Hidup Ikhlas Tanpa Tipu Muslihat" (Dok. Yayasan Haji Anif))

Tahun 2017, Haji Anif menerbitkan buku biografinya berjudul “Hidup Ikhlas Tanpa Tipu Muslihat”. Buku itu berisi perjalanan hidup Haji Anif sejak masa kecil hingga menjadi pengusaha sukses di Sumut.

8. Sudah bangun banyak sekolah dan gedung kuliah

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifGedung Kuliah bersama Haji Anif (skyscrappercity)

Lewat Yayasan Haji Anif (YHA), ia mendirikan banyak sekolah baik normal maupun non formal di seluruh wilayah Sumatra Utara. Selain itu juga perhatian ke dunia kampus dengan mendirikan Gedung Kuliah Bersama di Unimed, USU, hingga UIN Sumut.

9. Gerbang Tol Cemara diabadikan menjadi namanya

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifGerbang Tol Haji Anif 1 (foursquare)

Selain itu beberapa fasilitas hingga jalan juga tersemat namanya. Mulai dari Jalan Haji Anif hingga gerbang pintu tol Cemara yang juga dibuat menjadi namanya. 

10. Merayakan ulang tahun dengan menggelar MTQ

Tutup Usia, 10 Fakta tentang Tokoh Sumut Haji AnifHaji Anif (Dok. IDN Times)

Selain itu Anif melalui YHA menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang pertama kalinya di Masjid Al Musannif Komplek Cemara Asri Medan. Acara yang dibuka Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah di Masjid Al Musannif Komplek Cemara Asri Medan

Baca Juga: H Anif Beberkan Rahasia Panjang Umur: Hidup Ikhlas Tanpa Tipu Muslihat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya