Setahun Warga Berjuang, Jalan Pancing 1 Martubung Akhirnya Diperbaiki 

Pemko diimbau pasang rambu kelas jalan dan larangan truk

Medan, IDN Times- Perjuangan masyarakat selama setahun terakhir agar Jalan Pancing 1 Martubung, Kecamatan Medan Labuhan diperbaiki akhirnya membuahkan hasil. Jalan yang rusak parah karena kerap dilintasi truk atau kendaraan berat lainnya itu akhirnya diperbaiki pemerintah. 

Masyarakat Pejuang Portal Martubung pun sangat mensyukuri itu. Ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Medan Utara Berdaulat (Alim Muda) menggelar syukuran di Pelataran Parkir Masjid Al Muhajirin Jalan Pancing 1 Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan. Ini sebagai refleksi setahun pergerakan masyarakat dalam memperjuangkan jalan ini agar bisa dilalui masyarakat dengan nyaman. 

“Syukur kita ucapkan kepada Allah dan Terima kasih kami ucapkan kepada Pemko Medan yang telah memperbaiki Jalan kampung kami Jalan Pancing 1 Martubung, kami merasa nyaman dengan kondisi sekarang," ujar Mulyani, salah seorang tokoh masyarakat.

1. Sudah setahun masyarakat berjuang dan memasang portal di Jalan Pancing 1

Setahun Warga Berjuang, Jalan Pancing 1 Martubung Akhirnya Diperbaiki Jalan Pancing 1, Medan Labuhan akhirnya diperbaiki setelah masyarakat berjuang dengan pasang portal (Dok.IDN Times/istimewa)

Sebelumnya masyarakat berjuang dengan aksi pasang portal setahun yang lalu. Perbaikan jalan Pancing 1 Martubung sudah hampir rampung. Masyarakat bersyukur Pemko Medan sudah memperbaiki jalan.

Namun masih ada satu hal yang dituntut masyarakat, soal sikap yang jelas terkait dengan tuntutan masyarakat untuk pemasangan rambu kelas jalan dan rambu larangan truk untuk Jalan Pancing 1 Martubung dan penertiban pergudangan yang diduga menyalahi RDTR Kota Medan.

"Kami minta agar kondisi ini terus berlanjut, tidak lagi ada truk trado dan trailer yang lewat Jalan Pancing 1. Kami juga meminta agar pergudangan segera ditertibkan agar tempat tinggal kami tidak terganggu dengan aktifitas mereka (pergudangan)," tambah Mulyani.

 

Baca Juga: Kuasa Hukum Warga Imbau Pemko Medan Pasang Rambu di Jalan Nippon

2. Pemasangan portal wujud protes masyarakat agar tidak lagi dilintasi kendaraan berat

Setahun Warga Berjuang, Jalan Pancing 1 Martubung Akhirnya Diperbaiki Ilyas, Tim advokasi masyarakat berbicara saat syukuran Masyarat Pejuang Portal Martubung (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu, tim Advokasi Masyarakat yang diwakili oleh Muhammad Ilyas menyatakan bahwa pemasangan portal itu sebelumnya adalah sebagai wujud protes masyarakat kepada Pemerintah Kota Medan agar Jalan Pancing 1 segera dilakukan perbaikan dan tidak lagi dilintasi oleh kendaraan berat yang tidak sesuai dengan kelas jalan.

Menurutnya, semestinya Pemko Medan mampu mencermati masalah ditengah masyarakat sehingga kebijakan yang dikeluarkan adalah untuk mengedepankan kepentingan masyarakat. Terkait investasi, Pemko Medan telah banyak mengatur dalam Peraturan Daerah (PERDA) Kota Medan dengan tujuan agar para investor mampu tertib mengikuti peraturan yang ada.

"Jadi tidak ada lagi investasi sebagai alasan pembenaran suatu pelanggaran," ujarnya.

3. Rambu larangan truk dan rambu kelas jalan diimbau segera dipasang

Setahun Warga Berjuang, Jalan Pancing 1 Martubung Akhirnya Diperbaiki Syukuran Masyarat Pejuang Portal Martubung (Dok.IDN Times/istimewa)

Ilyas juga menyampaikan agar Pemko Medan mampu memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dengan segera menertibkan pergudangan di sekitar Jalan Pancing 1 yang diduga menyalahi RDTR Kota Medan.

"Dan segeralah pasang rambu larangan truk dan rambu kelas jalan di Jalan Pancing 1 Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan sebagai kepastian sikap Pemko Medan dalam mengedepankan kepentingan masyarakat dari kepentingan lain. Pemko Medan mampu menertibkan pedagang kaki lima di Girya Martubung, baiknya juga demikian untuk pergudangan di sekitar Jalan Pancing 1," pungkasnya.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya