PCN Targetkan Bedah 100 Rumah Layak Huni di Deli Serdang

Ada 5 kecamatan yang disasar

Deli Serdang, IDN Times- Asosiasi Pradana Cahaya Nasional (PCN) meluncurkan program Indonesia Bersih dengan kegiatan bedah rumah layak huni (dikenal sebagai terima kunci) tipe 36. Sumatra Utara menjadi provinsi pertama yang jadi lokasi proyek ini. 

Untuk rumah pertama yang dibedah berlokasi di Desa Tandam Hilir 2, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Peletakan batu pertama telah dilakukan 11 September 2023 lalu oleh Ketua DPP PCN Emanuel Eusebius Sala disaksikan investor asing, camat hingga perangkat daerah terkait lainnya.

1. Alasan memilih Sumut sebagai provinsi pertama program bedah rumah

PCN Targetkan Bedah 100 Rumah Layak Huni di Deli SerdangPeletakan batu pertama program bedah rumah dari PCN di Kecamatan Hamparan Perak (Dok.PCN Sumut)

Eusebius mengatakan Pradana Cahaya Nasional adalah satu-satunya asosiasi yang mengelola dana CSR (Corporate Social Responsibility) yang disahkan oleh Negara Republik Indonesia melalui Kemenhumham pada tanggal 15 April 2021, sekitar 2 tahun yang lalu. "Dana tersebut dihasilkan oleh PCN melalui mitra investor asing, investor lokal, maupun pemerintahan Republik Indonesia," kata Eusebius. 

Menurutnya PCN memilih Provinsi Sumatera Utara sebagai awal dari program bedah rumah layak huni ini karena provinsi ini cepat memenuhi syarat pendataan yang diambil langsung dari masyarakat, dengan dukungan pihak pemerintah desa.

Baca Juga: 2 Pil Ekstasi Ungkap Peredaran Narkoba yang Diduga Disetir dari Lapas

2. Datangkan investor asing asal Malaysia

PCN Targetkan Bedah 100 Rumah Layak Huni di Deli SerdangPeletakan batu pertama program bedah rumah dari PCN di Kecamatan Hamparan Perak (Dok.PCN Sumut)

Lebih lanjut menurut Eusebius, program Indonesia Bersih dengan kegiatan bedah rumah layak huni atau terima kunci ditujukan langsung kepada masyarakat dan didampingi oleh pihak pemerintah desa (pemdes).

"Bedah rumah layak huni ini adalah bukti nyata, bukan sekadar dongeng. Kita juga mendatangkan investor asing langsung dari Malaysia, dan ia berharap agar masyarakat yang menerima bantuan ini dapat merasakan kesejahteraan,” katanya.

Investor Malaysia yang dimaksud adalah Tan Sri Dato’ Hashim Bin Meon, Rusli bin Alias, dan Razak.

3. Ditargetkan 100 unit rumah di 5 kecamatan

PCN Targetkan Bedah 100 Rumah Layak Huni di Deli Serdangilustrasi rumah (unsplash.com/Tierra Mallorca)

Sementara itu Ketua DPW PCN Sumut Dedi Aldian mengatakan menargetkan 100 unit rumah untuk dibedah. "Untuk program bedah rumah layak huni di Kabupaten Deli Serdang, Asosiasi Pradana Cahaya Nasional menyediakan sekitar 100 unit yang tersebar di lima kecamatan: Kecamatan Hamparan Perak, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kecamatan Batang Kuis, Kecamatan Pantai Labu, dan Kecamatan Tanjung Morawa," kata Dedi. 

Sementara itu Isnin sebagai penerima pertama bantuan bedah rumah mengatakan terharu dengan bantuan ini.

“Saya sangat terharu mendapatkan bantuan bedah rumah hingga kami menerima kunci. Keluarga kami tidak dapat mengucapkan kata-kata yang cukup untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pradana Cahaya Nasional (PCN) yang memberikan bantuan ini. Semoga Allah SWT membalasnya dengan kebaikan dan kesehatan,” pungkasnya.

Baca Juga: 9 Tips Agar Teras Rumah Tidak Terlihat Membosankan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya