KPU Medan Telusuri Rekam Jejak Calon PPK Pilkada 2020 lewat Medsos

207 orang lulus ujian tertulis

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan memantau media sosial calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam mencari rekam jejak sang calon. Sebanyak 207 akun media sosial dikumpulkan dan dipantau untuk melihat integritas para calon PPK yang sudah lulus seleksi ujian tertulis, Senin (3/2) lalu.

Dalam Diskusi Terbuka Media Center KPU Kota Medan 'Mencari Calon PPK Yang Terintegritas Agussyah ketua KPU Kota Medan mengatakan, sudah meminta media sosial para calon PPK.

"Kita memang sudah meminta media sosial mereka (calon PPK) untuk tracking (mencari) rekam jejak. Tapi kita tetap meminta masukan," ujarnya di Aula KPU Kota Medan, Jalan Kejaksaan No 37 Medan, Selasa (4/2)

1. Tahap seleksi, akan ditetapkan 105 PPK di 21 Kecamatan Kota Medan

KPU Medan Telusuri Rekam Jejak Calon PPK Pilkada 2020 lewat MedsosDiskusi terbuka mencari calon PPK (IDN Times/Yurika Febrianti)

Sambung Agussyah, sekarang ini sudah masuk tahap seleksi. Dari 207 calon PPK, akan ditetapkan 105 PPK yang akan ditugaskan di 21 kecamatan kota Medan.

"Rekrutmen PPK kini memasuki masa tanggapan masyarakat. Jika ada tanggapan atau masukan tentang rekam jejak calon PPK, kita akan verifikasi. Sehingga nantinya PPK yang terpilih benar - benar berintegritas," jelasnya.

2. Pada 29 Februari calon PPK akan dilantik

KPU Medan Telusuri Rekam Jejak Calon PPK Pilkada 2020 lewat MedsosKPU Medan meninjau PSI USU lokasi ujian CAT untuk PPK (Dok.IDN Times/istimewa)

Agussyah menyampaikan alur tahapan dalam rekrutmen PPK dimulai dari pendaftaran pada tanggal 18 -24 Januari 2020 yang diikuti 578 pendaftar. Kemudian dilakukan penelitian administrasi, diumumkan calon PPK yang lulus seleksi diumumkan 28 Januari 2020. Diumumkan 441 calon PPK yang diharuskan ikut ujian tertulis. Saat ujian tertulis berlangsung pada 30 Januari 2020, ada 27 peserta yang tidak mengikuti ujian. Dan 3 Januari 2020 kemarin, dinyatakan 207 orang calon PPK lulus ujian tertulis.

Sementara itu, KPU sedang mempelajari rekam jejak calon PPK dengan membuka tanggapan masyarakat hingga 5 Januari 2020. Kemudian akan dilakukan test wawancara pada tanggal 8 -10 Januari 2020.

"Setelah wawancara, kita tetap membuka terhadap tanggapan masyarakat hingga tanggal 28 Februari 2020 nanti. Hingga nantinya calon PPK kita lantik pada 29 Februari 2020," ucapnya.

Baca Juga: Tidak Ikuti Ujian CAT, 27 Calon PPK Gugur Lebih Awal

3. Seleksi calon PPK KPU gunakan metode terbuka

KPU Medan Telusuri Rekam Jejak Calon PPK Pilkada 2020 lewat MedsosIDN Times/Maulana

Dijelaskannya, metode yang digunakan dalam seleksi calon PPK adalah metode terbuka. Dan model rekrutmen yang dilakukan dengan cara yang sangat ketat.

"Dari proses seleksi, diproses administrasi yang dinyatakan gugur jumlahnya cukup banyak, dari 578 ada 137 pendaftar dinyatakan gugur. Karenanya tanggapan itu penting, agar lebih baik mengukur pemahaman PPK sejak awal," katanya.

4. KPU menilai calon PPK dalam memenuhi syarat administrasi

KPU Medan Telusuri Rekam Jejak Calon PPK Pilkada 2020 lewat MedsosTes tertulis PPK Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Agussyah, apalagi, tugas pokok PPK seputar teknis administrasi pemahaman terhadap tugas ini sangat diperlukan. Apalagi dalam masa menerima masukan masyarakat ini, evaluasi dari penyelenggaraan sebelumnya juga dilakukan. Karena cukup banyak PPK dan Panwas yang sudah pernah mendaftar pada Pilkada sebelumnya, kini mendaftar kembali.

"Kami juga mengukur kepatuhan dalam rangka pemenuhan syarat administrasi. (Calon) yang tidak hadir, terlambat juga menjadi catatan. Karena kita ingin Pilkada 2020 sukses, kesuksesan Pilkada cukup besar berpengaruh pada integritas panitia. Apalagi persoalan pemilu lebih banyak di Kecamatan," jelasnya.

Baca Juga: 441 Calon PPK Lolos Tahap Awal KPU Medan dan Berhak Ikut CAT

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya