Comscore Tracker

Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan Sekitarnya

3 orang ditemukan tewas hingga saat ini

Medan, IDN Times - Banjir merendam sejumlah kawasan di Medan dan Deli Serdang sekitarnya, Jumat (4/12/2020). Hujan deras yang melanda sejak Kamis (3/12/2020) malam menjadi penyebabnya.

Dari data BPBD setempat disebutkan banjir besar melanda Daerah Aliran Sungai (DAS) Belawan mulai dari hulu (Delitua) sampai hilir hingga ke kota Binjai. Beberapa lokasi yang dilanda banjir parah dengan ketinggian di atas 1,5 meter dari data dan pantauan IDN Times antara lain:

1. KawasanTanjung Selamat dan sekitarnya.

Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan SekitarnyaBanjir di Kawasan Tanjung Selamat, Jumat (4/12/2020) dini hari (IDN Times/Indah Permata Sari)

Diperkirakan ada ratusan KK yang terdampak banjir di wilayah ini. Terutama terparah di Perumahan De Flamboyan. Ketinggian air awalnya 4-6 meter. Beberapa rumah tenggelam dan kendaraan hanyut baik sepeda motor maupun mobil. BPBD memobilisasi 8 unit perahu dan 2 unit ambulans PMI dan 5 unit mobil evakuasi. Dari wilayah ini ada 3 orang ditemukan tewas.

"Arhanud, BPBD Provsu, Basarnas, PMI, Kecamatan dan masyarakat sedang mengevakuasi sejak 00.30 WIB. Dapur umum, Pos Kes dan posko utama dan evakuasi sementara pengungsi ditempatkan di Arhanud, Balai Desa Tanjung Selamat," demikian laporan dari BPBD Sumut.

2. Kawasan Desa Sejarah Baru, Kecamatan Delitua

Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan SekitarnyaIlustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Daerah lain dengan lokasi banjir parah adalah di kawasan Desa Sejarah Baru, Kecamatan Delitua. Diperkirakan ada 400 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

Baca Juga: [BREAKING] Banjir di Tanjung Selamat Hingga 6 Meter, 3 Orang Tewas

3. Kampung Lalang dan Klambir Lima

Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan SekitarnyaBanjir di kawasan Kampung Lalang, Medan, Jumat (4/12/2020) (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu kawasan Kampung Lalang juga terendam banjir. Diperkirakan lebih dari 1 meter. Selain itu kawasan Jalan Medan-Binjai, tepatnya di sekitar lokasi pasar Kampung Lalang terendam banjir. Kemacetan parah terjadi. Bahkan akses jalan terputus.

4. Kawasan Maimun Jalan Brigjen Katamso

Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan SekitarnyaIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Kawasan lain yang terkena banjir parah adalah Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Maimun. Daerah ini memang kerap terdampak banjir dari aliran Sungai Deli.

Selain itu kawasan Jalan Multatuli juga direncam air hingga 1-2 meter. Basarnas coba mengevakuasi dengan perahu karet.

5. Kawasan Johor

Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan SekitarnyaIlustrasi banjir. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Banjir parah juga melanda kawasan Medan Johor. Dari video yang beredar BPBD terlihat membantu para warga terdampak dengan menggunakan perahu karet. Ada puluhan rumah yang terlihat terendam air di kawasan tersebut.

6. Kelurahan Berngam, Binjai

Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan SekitarnyaIlustrasi banjir (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara di Kota Binjai, titik terparahnya ada di kelurahan Berngam. Dari data BPBD diperkirakan 400 KK terdampak. 

Baca Juga: [BREAKING] Banjir Medan, Listrik di Sejumlah Tempat Dipadamkan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya